Kamis, 11 Juni 2020

Mengenal Sejarah Wisata Gililabak, Pulau Tikus Yang Mepesona

    6/11/2020   No comments

MOKI, Sumenep - GILILABAK dikenal pula dengan sebutan Pulau Tikus yang terletak di Desa Kombeng, Kecamatan Talango, Kabupaten Sumenep, Madura.

Menurut legenda, Gililabak dahulu dipenuhi kawanan tikus. Tidak ada hewan darat lain di pulau itu kecuali tikus. Hingga datang seorang pemuda sakti mandraguna dari Pulau Poteran. Nama pemuda tersebut Sabu atau yang dikemudian hari mendapat julukan Ju’ Saimin. Dialah pembabat dan pembasmi tikus di Pulau Gililabak.

Kini, Gililabak telah bersih dari tikus. Gililabak menjadi tempat menyenangkan bagi  wisatawan.  Melaut merupakan pekerjaan utama penghuni Gililabak. Hampir semua warga Gililabak adalah nelayan penangkap rajungan. ”Sejenis kepiting yang hidup di laut dalam,” kata Masnin, nelayan setempat. Kamis (11/6/2020).

Menurutnya, berlayar menuju Gililabak akan menghabiskan waktu 2 jam. Itu jika tidak ada gangguan cuaca. Jika terjadi angin kencang dan ombak besar, penyeberangan Pelabuhan Kalianget -Gililabak bisa sampai dua jam lebih.

Dari kejauhan melihat Pulau Gililabak menghadirkan kekaguman. Pulau mungil itu ibarat benda besar yang terapung di tengah laut. Di bagian bawahnya terlihat sesuatu berwarna putih terang. Setelah perahu mendekat lalu menepi  yang terlihat putih itu adalah pasir yang mengitari Pulau Gililabak.

"Gililabak dikelilingi hamparan pasir putih nan bersih. Air laut di pinggir pantai tampak bening berkilauan, membuat ikan-ikan kecil yang bergerak ke sana ke mari terlihat jelas," ujarnya

Keindahan Gili Labak tak lain dan tak bukan karena pasir putihnya yang bersih dan halus. Apalagi tipikal pantai di Madura tidak terlalu berbahaya dengan ombak yang besar seperti di pantai Selatan. Kalian bisa dengan aman bermain seharian di Gili Labak atau menyelami keindahan pesona terumbu karang di Gili Labak Sumenep Madura. Gili bukan hanya di Lombok tetapi juga kini yang tengah trending, berada di Sumenep.

"Pulau indah ini tidak terlalu luas, hanya seluas lapangan sepak bola saja. Tak heran jika pesonanya  beberapa tahun belakangan ini sebagai salah satu destinasi wisata yang tak bisa dilewatkan saat kalian berwisata ke Sumenep, Madura," pungkasnya. (Sr)

Pembaca :
{[['']]}
Lanjut
Selanjutnya
Selanjutnya
Berita Lain
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 MOKI I Kabar-Investigasi.com. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.