Selasa, 30 Juni 2020

New Normal Pandemi Covid - 19 Forkopimda Panen Udang Perdana

    6/30/2020   No comments

Saat panen udang perdana rombongan Forkopimda Kota Langsa bersama petani tambak di Gampong Lhok Bani, Kecamatan Langsa Barat. Selasa (30/6/2020)
MOKI, LANGSA - Forkompinda kota Langsa melakukan panen perdana budidaya udang vaname intensif sistem bioflok di Gampong Lhok Bani, kecamatan. Langsa Barat, Selasa (30/6/2020).

Turut hadir dalam acara panen perdana ini, Walikota Langsa Tgk. Usman Abdullah,SE, Wakil Walikota Marzuki Hamid, Dandim 0104 Aceh Timur, Letkol Czi Hasanul Arifin Siregar, Kapolres Langsa, AKBP Giyarto,SH,SIK, Ketua Pengadilan Langsa, Dr. Nurnaningsih Amriani, SH,MH, Wakapolres Langsa, Kompol Muhammad Dahlan dan Ketua MPD, A Samad Hasan.

Tgk. Usman Abdullah menjelaskan udang vaname intensif dengan metode bioflok dinilai dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk meningkatkan ekonomi keluarga. Pasalnya, warga bisa memanfaatkan lahan kecil untuk budidaya udang vaname dan ini bernilai ekonomis.

"Kita tidak perlu lahan luas seperti tambak, cukup beberapa meter saja atau memanfaatkan pekarangan rumah sudah menghasilkan uang karena teknologi bioflok sangat memudahkan kita untuk budidaya udang tersebut," jelasnya.

Apalagi ditengah pandemi covid-19 budidaya semacam ini diperlukan untuk ketahanan pangan bagi masyarakat. 

Hal senada juga disampaikan wakil walikota Langsa Marzuki Hamid dengan memanfaatkan teknologi bioflok masyarakat sudah bisa membudidayakan ikan vaname.

"Semoga semakin banyak lagi masyarakat kita untuk budidayakan udang vaname," katanya.

Ia turut mengapresiasi petani udang tersebut karena kerja kerasnya sudah dapat dirasakan secara langsung. "Saya sangat mengapresiasi ini trobosan baru bagi kita untuk meningkatkan ekonomi masyarakat," terangnya.

Sementara M. Isa petani udang vaname mengatakan dalam waktu 70 hari sudah bisa di panen meski size 80 per-kilo. "Bila kita bandingkan modal dengan kolam tambak tradisional dengan benih 50 ribu, maka sangat menguntungkan dengan sistem kolam bioflok," katanya.

Dan kedepan, kata M. Isa, ia berharap pemerintah kota langsa agar dapat mengembangkan program ini. Selain efektif dan tidak perlu tempat yang besar, depan rumah pun sudah bisa berusaha.

"budidaya udang vaname dengan bioflok cukup bagus untuk dikembangkan, apalagi langsa berada di wilayah pesisir pantai," jelas ketua KPA kota Langsa ini.(Rusdi Hanafiah).

Pembaca :
{[['']]}
Lanjut
Selanjutnya
Selanjutnya
Berita Lain
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 MOKI I Kabar-Investigasi.com. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.