Kamis, 25 Juni 2020

PemKab Nisel Launching Penyaluran BST Dari Kemensos RI

    6/25/2020   No comments

MOKI, Nias Selatan-Pemerintah Kabupaten Nias Selatan (Pemkab Nisel) launching penyaluran BST dari Kemensos RI Claster III ditandai dengan penyerahan secara simbolis dan melakukan pengecekan penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) yang disalurkan oleh PT. Pos Indonesia Cabang Gunungsitoli, di Gedung Balai Persekutuan BKPN Telukdalam Jalan Baloho Baru Kecamatan Telukdalam Kabupaten Nisel Propinsi Sumatera Utara, Rabu (24/06/2020).

Dihadiri : Bupati Nisel, Dr. Hilarius Duha, SH, MH., Wakil Ketua DPRD, Fa’atulo Sarumaha,S.IP.,MM., Danlanal Nias, Kolonel Laut (P) Jun Lucky Boy Siburian,M.Tr.Hanla., Wakapolres, Kompol Martin Luther Dachi,S.Sos., mewakili Dandim 0213/Nias, Mayor (Inf) Hatianus Zega, mewakili Kajari Martinus Sibayang,SH., Sekretaris Daerah, Ir. Ikhtiar Duha,MM.,Kepala Dinas Sosial, Intansani Haria,SE.,MM., Sejumlah Camat., para Kepala Desa dan penerima BST.

Penyaluran BST tersebut ditandai dengan penyerahan secara simbolis oleh Bupati Nisel, Dr. Hilarius Duha,SH.,MH., Wakil Ketua DPRD, Fa’atulo Sarumaha,S.IP.,MM., Danlanal Nias, Kolonel Laut (P) Jun Lucky Boy Siburian,M.Tr.Hanla., Wakapolres, Kompol Martin Luther Dachi,S.Sos., mewakili Dandim 0213/Nias, Mayor (Inf) Hatianus Zega, mewakili Kajari Martinus Sibayang,SH., Sekretaris Daerah, Ir. Ikhtiar Duha, MM. BST dari Kementerian Sosial Republik Indonesia mulai disalurkan oleh PT. Pos Indonesia Cabang Gunungsitoli yang diawali di Kecamatan Telukdalam, Kabupaten Nisel.

Maneger Jasa Keuangan, Rio Saputra menjelaskan bahwa penerima BST ini dimulai di Kecamatan Telukdalam, dan untuk Kecamatan lain akan segera dijadwalkan yang seterusnya disampaikan kepada Camat melalui surat undangan. BST yang disalurkan yaitu April, Mei dan Juni 2020. Setiap Keluarga Penerima Manfaat (KPM) menerima BST sebesar Rp 600.000 per bulan dengan total BST yang diterima sebesar Rp 1.800.000. Menurut data PT. Pos Cabang Gunungsitoli bahwa jumlah penerima BST di Kabupaten Nisel sebelum verifikasi sebanyak 10.873 KPM dan khusus Kecamatan Telukdalam setelah verifikasi sebanyak 585 KPM, ungkap Rio.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Nisel, Fa’atulo Sarumaha,S.IP.,MM., melalui sambutannya mengatakan atas nama lembaga DPRD menyambut baik dan mengapresiasi penyaluran BST kepada seluruh KPM. Mengharapkan kepada seluruh keluarga penerima manfaat bila ada kesalahan data silakan disampaikan kepada dinas terkait dan juga diharapkan kerjasama dan dukungan seluruh Camat untuk membantu perbaikan data yang sebenarnya, harap Fa’atulo Sarumaha.

Bupati Nisel, Dr. Hilarius Duha, SH, MH dalam kata sambutannya menegaskan agar penyaluran BST dapat terminimalisir dari berbagai kesalahan data maka diharapkan kepada  para Camat untuk melakukan verifikasi data dengan benar supaya semua kebijakan yang diambil Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten tepat sasaran, tandas Bupati Nisel.

Lanjutnya, Bupati harapkan kepada para Camat pandu betul pelaksanaan verifikasi data penduduk dengan mengundang Kepala Desa supaya penyaluran BST tepat sasaran. Dalam penyaluran bantuan seperti ini mari hindari kesalahan data. Penetapan penerima BST adalah berdasarkan pengajuan data dari Pemerintah Daerah yang selanjutnya diverifikasi oleh pemerintah pusat, ungkap Bupati.

Ia jelaskan juga bahwa penyaluran BST ini bukan Dinas Sosial Kabupaten Nisel tetapi langsung PT. Pos Indonesia Cabang Gunungsitoli, maka diharapkan kepada seluruh KPM setelah mendapatkan surat undangan segera datang sesuai jadwal dan tempat yang ditentukan, terang Bupati Hilarius Duha. (doeha)

Pembaca :
{[['']]}
Lanjut
Selanjutnya
Selanjutnya
Berita Lain
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 MOKI I Kabar-Investigasi.com. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.