Minggu, 14 Juni 2020

TAMBAH KAPAL PATROLI BARU DI JAJARANNYA, LANAL SABANG SIAP MENGAMANKAN LAUT DAN PERAIRAN ACEH

    6/14/2020   No comments

KAL ketika akan bersandar di Dermaga Lanal Sabang
MOKI, Sabang-Bertempat di dermaga Lanal Sabang, Komandan Lanal Sabang, Kolonel Laut (P) Agus Darmawan, S.E., M.Tr.Hanla didampingi para FKPD dan instansi maritim di kota Sabang, menghadiri  acara penyambutan Kapal patroli baru yang bernama KAL IBOIH (IBH) I-1-71 sejatinya merupakan jenis Kapal patroli TNI AL yang merupakan produksi anak bangsa yakni PT. LIMS Shipyard yang berlokasi di Batam. KAL Iboih hadir di Lanal Sabang tentunya untuk menambah dan memperkuat jajaran unsur patroli laut yang telah ada di Lanal Sabang.

Dalam acara ini tidak lupa pula dilaksanakan protokol New Normal terhadap KAL Iboih beserta ABK nya yakni rapid test dan penyemprotan desinfektan pada kapal. Selanjutnya selama acara berlangsung juga dilaksanakan dengan penggunaan masker, cuci tangan dan penggunaan hand sanitizer, dalam mencegah penyebaran Covid-19 di Kota Sabang.

Acara penyambutan ini merupakan tradisi yang sudah ada di lingkungan TNI AL serta menambahkan adat istiadat dan kearifan lokal yang ada di Kota Sabang. Sementara itu, Komandan Lanal Sabang, Kolonel Laut (P) Agus Darmawan, S.E., M.Tr. Hanla dalam sambutannya mengatakan bahwa KAL Iboih akan memperkuat satuan kapal patroli yang ada di Lanal Sabang dalam menjaga laut wilayah Aceh, khususnya di wilayah kerja Lanal Sabang.

"Kapal KAL Iboih ini nantinya akan kita fungsikan untuk menjaga laut wilayah kita khususnya di wilayah kerja Lanal Sabang, serta untuk menindak para pelaku pelanggaran atau tindak kejahatan khususnya di laut, baik negara maupun lintas negara yang sering melintas di perairan Sabang dan Aceh secara keseluruhan," ujarnya.

Danlanal juga menjelaskan bahwa KAL IBOIH dilengkapi dengan tiga pucuk senjata, yaitu satu pucuk senjata kaliber 20 milimeter di haluan dan dua pucuk senjata 12,7 milimeter di bagian  belakang kapal. Kapal ini juga terbuat dari bahan aluminium yang tentunya lebih baik dari segi stabilitas maupun daya manuvernya dalam menghadapi cuaca di perairan Sabang. Kapal ini juga memiliki kecepatan maksimal 28 knots, tentunya sangat efektif saat melakukan _hot pesuit_/pengejaran seketika bagi para pelaku tindak kejahatan di laut, ujarnya.

Menurutnya, nama kapal KAL Iboih itu diambil dari nama salah satu gampong atau desa yang ada di Kota Sabang, yakni Gampong Iboih, yang mana pantainya menjadi salah satu pantai terbaik di Kota 8Sabang, tutupnya.

Turut hadir dalam acara ini Sekda Kota Sabang Bapak Drs.Zakaria, M.M yang mewakili Walikota Sabang mengatakan bahwa "suatu kebanggaan bagi kota Sabang, yang mana nama KAL Iboih sendiri merupakan salah satu nama pantai eksotis yang ada di kota Sabang, kini sudah diabadikan sebagai salah satu nama kapal patroli TNI AL/Lanal Sabang." Tak lupa Beliau juga berterima kasih kepada pemimpin TNI AL yang sudah memberikan nama pantai tersebut sebagai nama kapal patroli TNI AL, ujarnya.

Selanjutnya Sekda juga menambahkan KAL Iboih nantinya diharapkan mampu menjaga perdamaian perairan wilayah Pulau Weh, serta memperkuat kekuatan patroli laut di Kota Sabang dan Provinsi Aceh secara menyeluruh, pungkasnya. (Suwarti/Mariani)

Pembaca :
{[['']]}
Lanjut
Selanjutnya
Selanjutnya
Berita Lain
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 MOKI I Kabar-Investigasi.com. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.