Selasa, 28 Juli 2020

Biar Melek Sejarah Budaya Betawi , Komunitas Kite Bekasi Kunjungi Saung Ranggon Cikedokan

    7/28/2020   No comments

MOKI, Bekasi-Komunitas Kite Bekasi merupakan kumpulan warga Bekasi dari berbagai kalangan tanpa melihat status sosial. Tak hanya soal kegiatan  derma, kopdar atau kopi darat sharing silaturahmi antar pengurus dan membernya, namun mereka juga kerap kali memperkenalkan budaya sejarah Betawi.

Seperti yang di lakukan kemarin, puluhan member kite Bekasi berkunjung ke situs sejarah rumah panggung saung Ranggon di desa Cikedokan Cikarang Kab. Bekasi. (sabtu, 25/7 /2020)

Rohman, selaku ketua menyampaikan bahwa komunitas ini dibentuk sebagai wadah pemersatu warga bekasi baik pribumi, pendatang yang sudah lama menetap di bekasi. Kegiatan pun tak jauh soal sosial, kebersamaan, hingga pengenalan sejarah budaya kepada member-membernya. 

"Kami memiliki komitmen bahwa kite Bekasi mampu menjadi wadah pemersatu warga Bekasi yang memiliki rasa cinta dan mau mengerti akan bagaimana keanekaragaman  serta sejarah di wilayah kita.Dengan mengenal sejarah tentu akan menumbuhkan rasa cinta kita kepada Bekasi - Betawi, " jelasnya.

Ia juga mengatakan agenda kunjungan ke rumah panggung saung Ranggon ini, bisa menjadi ajang promosi wisata sejarah Bekasi dan juga mengenalkan kepada membernya terutama anak - anak. 

"Situs (Saung Ranggon) ini luar biasa jika kita mau menggali dari narasumber nya, kita bisa liat bagaimana nenek moyang kita membangun rumah tanpa mengganggu alat modern seperti sekarang ini,hanya bermodal kayu-kayu yang disusun sedemikian rupa membentuk rumah panggung. Tapi nyatanya memiliki kekuatan yang tak kalah dengan pondasi beton rumah modern saat ini. " lanjut nya

Kegiatan yang dimulai dari Alun-alun kota Bekasi dengan menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat ini cukup sukses. Walaupun cukup melelahkan namun para member ini terbayar lunas dengan melihat lingkungan Saung Ranggon yang masih asri, alami dan sejuk di kelilingi perkampungan penduduk yang sepi. Nyok kite lestarikan budaya Betawi, kalo bukan kite siape lagi. Jangan sampe anak cucu kite bute akan sejarah Betawi. (said)

Pembaca :
{[['']]}
Lanjut
Selanjutnya
Selanjutnya
Berita Lain
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 MOKI I Kabar-Investigasi.com. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.