Minggu, 05 Juli 2020

Jadi Narsum Webinar, Wabup Pati Ungkap Dorong Investor Bidang Industri Perikanan

    7/05/2020   No comments

MOKI, PATI-Menjadi nara sumber Webinar kelautan dan perikanan yang diadakan oleh Fakultas Perikanan Universitas Diponegoro (Undip) di ruang Pati Command Center, Wakil Bupati Pati Saiful Arifin ungkapkan pihaknya senantiasa mendorong masuknya para investor untuk membangun industri penunjang sektor perikanan di Kabupaten Pati. 

"Sektor ekonomi unggulan di Pati salah satunya adalah perikanan. Bisa dilihat dari banyaknya jumlah kapal nelayan berkapasitas besar dan berkembangnya perikanan budidaya. Masih banyak dibutuhkan industri penunjang untuk memaksimalkan potensi ekonomi di sektor ini,"ujar Wabup yang hadir didampingi pejabat Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislautkan) Kabupaten Pati. 

Sebagai Wakil Bupati, Safin pun mengajak untuk berinvestasi di industri perikanan. 

"Kami berharap ada investor yang mau masuk ke bidang pengolahan. Saat ini butuh support di bidang tersebut. Untuk tujuan supaya produksi ikan tidak dijual mentah, melainkan ada nilai tambahnya,"lanjut Wabup. 

"Jumlah kapal dan nelayan asal Pati termasuk yang tertinggi di Jawa Tengah. Kapal berkapasitas di atas 30 Gross Tonnage (GT) jumlahnya mencapai 576 unit. Lalu kategori di atas 30 GT memiliki besaran bervariasi, mulai 80, 90, 100, bahkan hingga 150 GT", ungkap Safin. 

Untuk kapal nelayan kecil berukuran di bawah 10 GT, menurut Wabup, jumlahnya mencapai 1.732 unit. 

"Para nelayan kapal besar mencari ikannya memang bukan di perairan Jawa Tengah, ada beberapa yang di Sulawesi, Laut Papua, Natuna, dan lain-lain. Ini sangat berkontribusi untuk menggantikan nelayan-nelayan luar negeri yang dulu melaut di wilayah kita. Saya harap jangan ada lagi nelayan asing di laut NKRI. Nelayan Pati siap menggantikan mereka,"papar Safin lagi panjang lebar. 

Untuk menunjang kinerja nelayan ia pun berharap Pemerintah Pusat dapat memberi dukungan untuk mempermudah urusan perizinan. (Aris/Red)

Pembaca :
{[['']]}
Lanjut
Selanjutnya
Selanjutnya
Berita Lain
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 MOKI I Kabar-Investigasi.com. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.