Selasa, 21 Juli 2020

PT. Tanjung Odi Canangkan Pondok Sehat

    7/21/2020   No comments

MOKI, Sumenep - Demi rasa kemanusiaan memanusiakan manusia Pabrik roko PT Tanjung Odi Sumenep, Madura Jawa Timur Canangkan Pondok Sehat 
untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di antara karyawan beserta keluarganya.

Program tersebut merupakan bagian dari Gugus Tugas Covid-19 Yayasan Wahid. Wadah Sehat ini sebagai pelaksana dan pengelola Pondok Sehat sebagai gerakan lanjutan dari program pendeteksian dini infeksi Covid-19, khususnya di wilayah Jawa Timur.

Pondok Sehat tersebut untuk keperluan isolasi mandiri bagi masyarakat yang berstatus tanpa gejala (Asimptomatik) dan gejala ringan dari hasil pemeriksaan yang dilakukan sebelumnya oleh para tenaga kesehatan (Nakes).

Audiensi yang bertempat di salah satu Kedai di Sumenep dihadiri oleh Satgas Covid-19 Kabupaten Sumenep, yakni Dinas Kesehatan, Dinas kominfo setempat, Forpimka, diantaranya Polsek Kota, Koramil Kota, Kecamatan Kota dan Pemerintah Desa Kolor.

Nampak Hadir juga tim Wadah Sehat serta dari Hotel Kangen sebagai representatif kolaborasi yang berlokasi di Jl. Adi Poday Gg. V No.93, Manggeling, Desa Kolor, Kecamatan Kota Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep, Agus Mulyono saat audiensi menyatakan bahwa program Pondok Sehat tersebut bagian dari bentuk tanggungjawab oleh perusahaan di tengah pandemi Covid-19.

“Jadi ini niat baik dan bentuk dari tanggung jawab perusahaan Tanjung Odi yang diinisiasi oleh Wadah Sehat,” terang Agus mengawalinya. Senin (20/7/2020).

Dikesempatan yang sama, Muhammad Shalahuddin Warist, yang selaku Fasilitator Penyedia Tempat mengatakan bahwa dari inisiasi Pondok Sehat tersebut diakuinya adalah tantangan. Ia juga memberitahukan awal yang diterimanya dari berbentuk persepsi masyarakat merealisasikan Pondok Sehat di Ponpes Annuqayah.

"Karena salah satu tantangannya yang diawali di Pondok Pesantren Annuqayah. Bayangkan, pondok pesantren tapi siap menerima observasi (sebutan awal dari karantina mandiri)," terang Ra Mamak, akrab disapanya.

Sebelumnya juga, Ra Mamak. Hadirnya Pondok Sehat itu untuk memberikan pelayanan yang manusiawi kepada pasien Covid-19 di Kabupaten Sumenep. Selain itu agar masyarakat memiliki persepsi solutif. Jadi supaya masyarakat punya pandangan solutif terhadap pandemi virus corona.

"Sehingga jangan melulu hanya dijadikan bahan perbincangan, tapi langsung mereka menerima dengan masa pandemi ini sebagai bagian tugas mereka untuk ikut sama-sama memberikan solusi," jelasnya.

Saat momentum audiensi tersebut, untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan. Khususnya persepsi masyarakat di sekitar desa setempat, yakni di Desa Kolor. Tim Wadah Sehat sebelum merealisasikan Pondok Sehat Hotel Kangen, akan terus melakukan koordinasi dan sosialisasi.

Sementara itu, Pengelola Hotel Kangen, Rian menambahkan, bahwa Pondok Sehat ingin membantu gugus Covid-19 setempat (Pemerintah Kabupaten Sumenep-red) untuk menangani permasalahan corona yang sedang jadi musuh bersama saat ini.

"Termasuk untuk memanusiakan manusia dan mengurangi trauma masyarakat akan Corona Virus Disease 2019, (covid-19)," terang Rian, kepada awak media.

"Di Pondok Sehat juga, untuk menghindari akan ketakutan traumatis masyarakat, penjemputan pasien tidak lagi menggunakan mobil ambulance melainkan memakai mobil khusus yang disediakan," tandasnya.(Sr)

Pembaca :
{[['']]}
Lanjut
Selanjutnya
Selanjutnya
Berita Lain
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 MOKI I Kabar-Investigasi.com. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.