Sabtu, 01 Agustus 2020

Di Meulaboh Aceh Barat, Empat Orang Warga Jakarta Dinyatakan Positif Virus Corona

    8/01/2020   No comments

MOKI, Aceh Barat-Warga Jakarta yang mudik ke Aceh Barat terkomfirmasi COVID 19, mereka merupakan satu keluarga, beserta 2 (dua) orang anaknya. Mereka terdiri dari  MA (41), ER (41) dan dua orang anaknya BA (16) dan MF (12). Mereka tiba di Aceh Barat pada Minggu (26/07/20) malam, dengan menggunakan mobil pribadi, tujuannya berlebaran ke rumah orangtuanya di Gampong Gunong Kleng, Kecamatan Meurebo, Aceh Barat Provinsi Aceh. 

Irsadi Aristora selaku Sekretaris Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Aceh Barat pada keterangannya mengatakan, mereka satu keluarga beserta anaknya tiba dan  masuk ke Aceh barat tanpa memiliki surat keterangan bebas Covid 19. Berdasrakan lapporan dari masyarakat maka kepada mereka dilakukan rapid test dan salah satu dari anaknya dinyatakan reaktif, karena itu dilakukan uji usap swab terhadap mereka. 

Hasil dari Test tersebut ternyata mereka dinyatakan positif, oleh karena itu Tim Covid 19 Aceh Barat menjemput mereka kemarin, namun katrena panik mereka  menolak dan masih tidak percaya akan hasil uji usap swab ungkap, Irsadi Aristora kepada wartawan.

Mengingat reaksi dari mereka warga Jakarta, maka Puluhan personil TNI bersenjata lengkap dikerahkan ke lokasi, nyaris memakan waktu empat jam untuk membujuk mereka agar diisolasi, dan akhirnya mereka bersedia diiosolasi oleh Tim petugas Kesehatan Covid Kabupaten Aceh Barat. 

Seharusnya mereka dirujuk ke RSUZA, tetapi karena membujuk mereka agar mau diisolasi memakan waktu hingga empat jam, jadi kehabusan kamar kosong. Hal ini disebabkan semakin melonjaknya kasus positif yang terkomfirmasi di Aceh maka untuk sementara waktu di isolasi di Kabupaten Aceh Barat, ungkap Aristora.

Pasien satu keluarga tersebut untuk sementara ada kamar yang kosong di RSUZA maka, di rawat di ruang isolasi di Gampong Beureugang, Kecamatan Kaway XVI. Dan akan segera dirujuk kembali ke RSUDZA, bila ada mendapatkan kamar kosong. 

Dikatakannya juga, saat ini pihaknya telah melakukan tracking kepada keluarga dekat dan yang pernah kontak langsung dengan pasien tersebut. Maka dari itu setelah diteliti dan introgasi maka ada 38 orang di tiga kecamatan yang tersebar di Gampong Gunong Kleng. Dan untuk Kecamatan Johan Pahlawan 26 orang, selanjutnya diGampong Marek, Kecamatan Kaway XVI 7 orang, dan Gampong Blang Beurandang, Kecamatan Johan Pahlawan ada 5 orang, dan hasilnya rapid tesnya non reaktif, tukas Irsadi Aristora. 

;lebih lanjt diterangkannya, mengingat hasil test rapid yang demikian maka, Tim Kesehatan akan kembali melakukan uji swab pada selasa mendatang. Kepada mereka untuk sementara waktu diwajibkan melakukan isolasi mandiri dan meminta kepada masyarakat agar sxelalu waspada dan tidak memandang ringan hal yang telah terhadi. 

Semua kejadian ini bukanlah hal main-main, dan kali ini terbukti di Kabupaten Aceh Barat dikarenakan adanya kedatangan tamu dari luar Aceh yang tidak melengkapi surat kesehatannya dari tempat asal Jakarta. Resiko dari perbuatan mereka ada dikeluaraga yang dikunjungi dan mereka harus dikarantina, bagi masyarakat yang ingin mudik janganlah mudik dulu, itu harapan saya, pungkas Irsadi Aristora.(SN)


.

Pembaca :
{[['']]}
Lanjut
Selanjutnya
Selanjutnya
Berita Lain
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 MOKI I Kabar-Investigasi.com. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.