Kamis, 10 September 2020

Menekan Peredaran Narkoba, Pemkab Bersama Polres Sumenep Gelar Deklarasi Anti Narkoba

    9/10/2020   No comments

MOKI, Sumenep - Upaya menekan peredaran Narkoba Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Jawa Timur, bersama Polres setempat, dan instansi terkait menggelar Deklarasi Anti Narkoba bertempat di halaman Polres setempat. Kamis (10/09/2020).

Bupati Sumenep, Dr. KH. A. Busyro Karim, M.Si, dalam sambutannya mengatakan, peredaran narkoba secara nasional terus meningkat. Berdasarkan data Badan Narkotika Nasional (BNN) pada akhir tahun 2019 berjumlah 3,41 juta orang. “Data itu meningkat sekitar 0,3 persen dari jumlah pengguna tahun sebelumnya,” tuturnya.

Berdasarkan data dari Polres setempat, selama tahun 2020 berhasil mengungkap 68 kasus narkoba. Dengan 100 orang tersangka dan alat bukti narkoba seberat 280,9 gram.

Sedangkan dari data BNNK Sumenep untuk rehabilitasi pengguna narkoba selama 4 tahun terakhir mengalami penurunan. Dengan rincian pada tahun 2017 berjumlah 109 orang, tahun 2018 sebanyak 59 orang, 2019 sebanyak 54 orang dan tahun 2020 sebanyak 34 orang.

Bupati menuturkan, dengan kondisi itulah Pemerintah Sumenep mengambil langkah guna menekan peredaran narkoba.

“Salah satunya mengambil langkah strategis dalam upaya pencegahan peredaran narkoba di Sumenep,” tuturnya.

Dalam usaha untuk mencegah narkoba Pemerintah dengan mengeluarkan ketentuan yang mensyaratkan calon PNS harus punya keterangan dokter bebas Narkoba.

Bupati Dr. KH. A. Busyro Karim, M.Si menegaskan, bahwa untuk membuktikan ketegasan pemerintah dengan mewajibkan tes urine bagi PNS yang ingin mengajukan promosi jabatan.

"Surat keterangan bebas narkoba dan tes urine diberlakukan bagi semua calon PNS, PNS, maupun ketika akan mengajukan kenaikan jabatan," ujarnya.

Selain itu juga dibentuk Kampung Tangguh Anti Narkoba yang akan dilaunching di 334 desa dengan melibatkan tokoh masyarakat.(Sr)

Pembaca :
{[['']]}
Lanjut
Selanjutnya
Selanjutnya
Berita Lain
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 MOKI I Kabar-Investigasi.com. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.