Kamis, 17 September 2020

Wabup Harapkan BPOM Bimbing Pati Agar Bisa Pasok Garam Industri

    9/17/2020   No comments

MOKI, PATI-Wakil Bupati Pati Saiful Arifin (Safin) memberikan pengarahan dalam acara Advokasi Pengawasan Pangan Fortifikasi Tahun 2020 di Muria Ballroom Hotel Safin, hari ini (17/9).

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Balai Besar POM Semarang beserta jajarannya, Kepala OPD terkait beserta tamu undangan, dan para pelaku industri kecil menengah.

Tujuan dari kegiatan ini menurut Safin, adalah untuk membimbing dan mendampingi para pelaku industri kecil menengah agar menghasilkan produk yang berkualitas dan memiliki daya saing.

Kegiatan ini, lanjut Wabup, juga diharapkan dapat memberikan kebaikan bersama antara produsen dan konsumen “Produk IKM harus memberikan kontribusi untuk masyarakat. Dan konsumen pun mengharapkan produk-produk yang dihasilkan oleh IKM di Kabupaten Pati adalah produk yang baik dan sehat,” ujar Wakil Bupati.

Safin pun memberikan apresiasi kepada para pelaku IKM di Kabupaten Pati, karena mereka telah menunjukkan hasil produksi yang maksimal. Hal ini ditunjukkan dengan keberhasilan Kabupaten Pati sebagai produsen garam lokal.

“Kami berharap dari BPOM dapat memberikan bimbingan bagaimana garam yang diproduksi di Pati dapat masuk ke industri perusahaan, tidak hanya sebagai konsumsi rumah tangga saja, tapi jadi garam industri,”jelasnya.

Menurut Wabup, saat ini industri perusahaan lebih banyak menggunakan garam import karena kandungan NaCl yang lebih memenuhi standar. Ia berharap pemerintah dapat mengurangi sedikit saja standar NaCl agar garam lokal bisa masuk ke industri perusahaan.

Hal itu, imbuhnya, dapat ditindaklanjuti dengan bantuan pemerintah dalam pengelolaan produksi garam yang sesuai dengan standar perusahaan.

“Mungkin teman-teman di Kabupaten Pati bisa mengelola garam dengan standar NaCl 96 dan itu menjadi titik tengah supaya garam kita bisa jalan dan tidak hanya dikonsumsi oleh masyarakat umum saja,”ujarnya.

Diakui Wabup, garam telah menjadi salah satu kebutuhan pokok. Karena itu,  pemerintahan kabupaten Pati mengajak IKM untuk berusaha dengan sebaik mungkin guna berdikari dengan produk-produk lokal.

“Melalui acara ini mari kita bersama-sama memanfaatkan bimbingan yang sudah diberikan. Saya berharap pelaku usaha dapat mengembangkan usahanya, terus melakukan inovasi dan membuka market sebesar-besarnya,” lanjut Wakil Bupati.

Setelah memberikan sambutan, Wakil Bupati kemudian berkesempatan membuka acara Advokasi Pengawasan Pangan Fortifikasi dan Bimbingan Teknis Kepada Pelaku Usaha Garam di Kabupaten Pati Tahun 2020.

“Semoga kegiatan ini dapat berjalan lancar dan bermanfaat demi mewujudkan kesejahteraan dan kemajuan perekonomian Kabupaten Pati,” imbuhnya.  (Red)

Pembaca :
{[['']]}
Lanjut
Selanjutnya
Selanjutnya
Berita Lain
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 MOKI I Kabar-Investigasi.com. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.