Minggu, 29 November 2020

Bersinergi Dengan Pemdes, Karang Taruna Pati Hijaukan Lingkungan

    11/29/2020   No comments


MOKI, PATI-Dalam rangka Hari Menanam Pohon Indonesia 2020 Karang Taruna bersama organisasi pemuda IPPNU dan Palupi melakukan gerakan penanaman pohon di beberapa wilayah di Kabupaten Pati yang bertujuan mengihijaukan bumi dimulai dari desa.


Pelaksanaan kegiatan pada Sabtu 28/11 pagi serentak di lokasi yang berbeda yaitu Desa Sukoharjo Kecamatan Wedarijaksa dan Desa Guwo Kecamatan Tlogowungu dihadiri Pemdes dan Muspika setempat.


Yulia mewakili Kabid Lingkungan Hidup Pengurus Karang Taruna (PKT) Kabupaten Pati menyampaikan bahwa kegiatan penghijauan ini bertujuan menciptakan paru-paru desa dan menjaga ekosistem serta dapat mencegah bencana yang terkait alam. Dalam kegiatan ini melibatkan pemuda pemudi desa setempat untuk gotong royong dalam kegiatan yang bermanfaat ini.


"Kegiatan ini merupakan tindaklanjut beberapa waktu lalu adanya program bibit gratis dari Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDAS-HL) Pemali Jratun, PP Bangsri Jepara, dimana karang taruna masing-masing desa direkomendasi oleh KarangTaruna Kabupaten Pati dalam pengajuan dan pengambilan bibit yang terdiri dari tanaman penghijauan, tanaman buah dan hutan sesuai kebutuhan dan iklim masing-masing wilayah,"kata Yulia.


"Hingga saat ini masih berlangsung pengajuan dan pengambilan bibit dari tiap karang taruna desa diketahui Kades dan rekomendasi Karang taruna Kabupaten Pati sesuai stok bibit yang tersedia, untuk ditanam di lahan desa masing-masing dengan mencantumkan koordinat lokasi yang akan ditanam, karena selanjutnya 2 minggu setelah tanam akan disurvey langsung dari BPDAS-HL Prov Jateng ke lokasi tersebut,"ujar Yulia kembali.


Masih disampaikan Yulia sesuai arahan Ketum KarangTaruna Kabupaten Pati H. Saiful Arifin bahwa pemuda sebagai tonggak kekuatan di desa harus punya ide dan berbuat nyata demi kemanfaatan di tengah masyarakat. 


Ikhsan selaku Ketua Karang Taruna Kecamatan Wedarijaksa turut mengawasi kegiatan di Desa Sukoharjo Kecamatan Wedarijaksa dan Asmui selaku Ketua Karang Taruna Kecamatan Tlogowungu juga mendampingi kegiatan penghijauan di Desa Guwo Kecamatan Tlogowungu hingga akhir bersama babinsa serta babinkamtibmas setempat.


"Pemuda selain bisa menanam diwajibkan juga merawat dan mengontrol serta memanfaatkannya sebaik-baiknya guna kepentingan bersama, terlebih agar desa tersebut indah, rapi, asri juga hijau,"kata Ikhsan.


Warisan terbaik dan tidak ternilai untuk keluarga, keturunan, dan lingkungan adalah keindahan akhlak kita. (Red)

Pembaca :
{[['']]}
Lanjut
Selanjutnya
Selanjutnya
Berita Lain
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 MOKI I Kabar-Investigasi.com. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.