Kamis, 05 November 2020

Kabupaten Sumenep Masuk 12 Nominator IGA se-Indonesia Tahun 2020

    11/05/2020   No comments


MOKI, Sumenep - Kabupaten Sumenep merupakan salah satu Kabupaten paling ujung timur pulau Madura, Provinsi Jawa Timur, di Indonesia yang mengikuti tahapan presentasi kepala daerah dalam penilaian dan pemberian penghargaan Innovative Government Award (IGA) tahun 2020.


Penghargaan yang digagas Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) adalah kegiatan rutin setiap tahun, dan pada tahun 2020 ini terhimpun sebanyak 14.897 inovasi yang disampaikan oleh 485 Pemerintah Daerah se-Indonesia, baik tingkat provinsi, kabupaten maupun kota.


“Pemerintah Kabupaten Sumenep mengajukan sebanyak 146 inovasi yang dilaksanakan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) ke Kemendagri untuk penilaian dan pemberian penghargaan Innovative Government Award (IGA) tahun 2020,” kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Sumenep, Drs. H. Yayak Nurwahyudi, M.Si seusai mengikuti pembukaan presentasi kepala daerah secara virtual di Kantor Bupati, Rabu (04/11/2020).


Setelah Kemendagri melakukan verifikasi terhadap 146 inovasi itu, akhirnya menetapkan sebanyak 96 inovasi Pemeritah Kabupaten Sumenep layak sebagai salah satu nominator dari 12 Kabupaten se-Indonesia untuk penilaian dan penghargaan Innovative Government Award.


“Kemendagri menilai sebanyak 96 inovasi OPD Pemkab Sumenep yang mempunyai bobot dan berkesinambungan untuk program pembangunan daerah, sedangkan inovasi lainnya belum masuk, karena nilainya masih kurang serta pelaksanaannya belum maksimal,” imbuhnya.


Yayak Nurwahyudi mengungkapkan, Bupati Sumenep Dr. KH. A. Busyro Karim, M.Si dijadwalkan melakukan presentasi tentang inovasi itu secara virtual pada Rabu (04/11/2020) malam kepada Tim Panelis Kemendagri.


“Kami sudah mempersiapkan materi presentasinya tentang 96 inovasi yang dilaksanakan OPD Pemerintah Kabupaten Sumenep, seperti inovasi program Dinas Kesehatan di Puskesmas dan program Wirausahawan Muda di Dinas Koperasi dan Usaha Mikro,” tandasnya.


Untuk itulah, pihaknya berharap pimpinan OPD Pemkab Sumenep terus melahirkan inovasi dalam bentuk program untuk mendorong pembangunan di daerah, mengingat dengan inovasi bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi, daya saing dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.


“Inovasi program jelas berorientasi pada hasil dan manfaat yang terukur menyesuaikan dengan arah kebijakan pembangunan daerah,” pungkas Yayak Nurwahyudi.


Kemendagri pada Rabu (04/11/2020) secara Virtual telah melaksanakan pembukaan presentasi kepala daerah dalam rangka penilaian dan pemberian penghargaan Innovative Government Award (IGA) tahun 2020 secara virtual.


Hadir pada acara itu Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumenep, Ir. Edy Rasiyadi, M.Si didampingi Kepala Bapedda Drs. H. Yayak Nurwahyudi, M.Si serta sejumlah pimpinan OPD di Kantor Bupati.(Sr)

Pembaca :
{[['']]}
Lanjut
Selanjutnya
Selanjutnya
Berita Lain
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 MOKI I Kabar-Investigasi.com. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.