Sabtu, 28 November 2020

Kadisparbud, Tujuh Cagar Budaya Sumenep Yang Harus Dilestarikan

    11/28/2020   No comments


MOKI, Sumenep - Kabupaten Sumenep, madura, Jawa Timur merupakan kabupaten yang memiliki nilai historis yang cukup luas, salah satunya karena terdapat beberapa peninggalan kerajaan dan sampai saat ini terawat keberadaannya. Sabtu 211/2020.


Kadis Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Bambang Irianto menyampaikan beberapa tempat bersejarah telah terverifikasi sebagai cagar budaya oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) jawa timur.


"Ada tujuh yang sudah ditetapkan sebagai cagar budaya Sumenep," kata Bambang.


Lebih lanjut dia menjelaskan, tujuh situs yang sudah ditetapkan cagar budaya diantaranya, Keraton Sumenep, Masjid Jamik, Asta Tinggi, Banteng Kalimo'ok, kota tua Kalianget, Asta Panembahan Bilingi kepulauan Sepudi, Asta Pangeran Lor dan Pangeran Wetan. Secara Geografis kata Bambang Kabupaten Sumenep kental dengan nuansa budaya Keraton mendiang  Arya Wiraraja. 


"Sehingga tidak heran Sumenep saat ini banyak memiliki banyak benda ataupun bangunan bersejarah yang tersebar di wilayah daratan maupun kepulauan," ungkapnya.


Dengan begitu pemerintah daerah melalui Disparbudpora berupaya mengenventarisasi situs situs budaya. Hal itu bertujuan agar cagar budaya Sumenep memiliki legalitas yang sah. Salah satu cara Disparbudpora membentuk tim ahli cagar budaya (TACB) yang terdiri dari 7 orang


" Tim ini yang bertugas mengkaji situs peninggalan sejarah yang berpotensi menjadi cagar budaya," jelasnya.


Menurutnya, ketujuh orang tersebut memiliki keahlian yang mempuni, sehingga profesionalisme tidak diragukan, karena memang yang meneliti itu orang ahlinya, sebab yang dikaji itu sesuai dengan bangunannya, baru nanti diajukan ke BPCB Trowulan.


"Baru setelah BPCB meneliti bisa ditetapkan layak atau tidaknya untuk diverifikasi  sebagai cagar budaya," ujarnya.


Pihaknya mengajak kepada masyarakat untuk ikut serta merawat dan melestarikan benda bersejarah, apalagi sudah ditetapkan sebagai cagar budaya.


"Mari kita bersama-sama merawat dan melestarikan cagar budaya," tutupnya.(Sr)

Pembaca :
{[['']]}
Lanjut
Selanjutnya
Selanjutnya
Berita Lain
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 MOKI I Kabar-Investigasi.com. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.