Rabu, 18 November 2020

Paslon Elmar Kuasai Debat I Pilkada Nias Barat, Semakin Paham Kebutuhan Masyarakat

    11/18/2020   No comments


MOKI, Nias Barat -Pasangan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Nias Barat Eliyunus Waruwu dan Mareko Zebua (Elmar) dengan nomor urut 2 begitu memahami persoalan masyarakat. Keduanya mampu menjawab serangan pertanyaan dengan jelas dan tepat saat debat I Pilkada Nias Barat yang dilaksanakan di Tokosa Onolimbu Kabupaten Nias Barat Propinsi Sumatera Utara, Selasa (17/11/2020).


Debat publik antara pasangan nomor urut 1 (Khenoki - Era Era) dengan pasangan nomor urut 2 (Elmar) terlihat Eliyunus Waruwu dan Mareko Zebua terlihat dapat menjawab serangan pertanyaan dengan jelas dan tepat. Pasangan nomor urut 2 ini berperan aktif dan terlihat santai menjawab setiap pertanyaan.


Sedangkan calon nomor urut 1 terlihat sedikit kaku dan emosi menanggapi pertanyaan. Hal ini terlihat pada saat Calon Bupati Khenoki Waruwu menanggapi penjelasan Eliyunus Waruwu terkait program pro rakyat dan arah kebijakan program pembangunan di Nias Barat.


Eliyunus Waruwu dan Mareko Zebua optimis mewujudkan Nias Barat Bangkit dan rakyat sejahtera. "Kita bangkitkan semangat seluruh komponen masyarakat, memanfaatkan semua potensi yang dimiliki serta bekerja keras mengejar ketertinggalan dalam berbagai dimensi pembangunan," ujar Eliyunus Waruwu.


Menurut Eliyunus, penyediaan layanan infrastruktur dasar dan strategi melalui pengembangan konektivitas jalan dan jembatan antar wilayah dan sentral-sentra produksi masyarakat serta sarana dan prasarana pemerintahan. Kemudian penyediaan kebutuhan energi listrik di seluruh wilayah Kabupaten Nias Barat juga hal prioritas kedepan.


Selanjutnya, peningkatan kualitas pendidikan dan pelayanan kesehatan dasar yang bermutu dan terjangkau serta mewujudkan reformasi birokrasi pemerintahan yang bersih, melayani dan inovatif.


Dia mengatakan, pasangan Eliyunus Waruwu dan Mareko Zebua juga optimis menumbuhkembangkan ekonomi masyarakat dan pengembangan desa mandiri serta meningkatkan pelayanan bidang sosial, budaya dan agama. Meningkatkan kapasitas perlindungan terhadap penyandang cacat, kesejahateraan sosial melalui program pemberian bantuan langsung tunai daerah, santunan bagi keluarga duka dan perlindungan bagi penyandang disabilitas.


Pemimpin itu harus mampu mewujudkan perubahan sesuai harapan masyarakat. Juga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pelayanan publik, pungkasnya.


Sejumlah masyarakat yang turut menyaksikan acara debat melalui live di akun media sosial KPU Nias Barat menilai bahwa Eliyunus Waruwu dan Mareko Zebua sudah sangat paham kebutuhan masyarakat sehingga bisa menguasai dan mampu menjawab serangan pertanyaan dengan sangat jelas dan tepat.


Pasangan calon nomor urut 2 ini juga begitu paham apa yang menjadi poin krusial untuk menjadi pembahasan. Terbukti pada pelaksanaan debat, Eliyunus Waruwu dan Mareko Zebua begitu lugas menjelaskan mimpi besarnya untuk masyarakat. (doeha)

Pembaca :
{[['']]}
Lanjut
Selanjutnya
Selanjutnya
Berita Lain
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 MOKI I Kabar-Investigasi.com. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.