Rabu, 11 November 2020

Pemkab Nisel Gelar Pemaparan Dan Diskusi Penyempurnaan Perencanaan Bandara Silambo

    11/11/2020   No comments


MOKI, Nias Selatan-Pemerintah Kabupaten Nias Selatan melalui Dinas Perhubungan (Dishub), menggelar diskusi tentang paparan dokumen studi rencana induk dan rancsngan teknik terinci  pembangunan Bandara Udara Silambo di Aula Kantor Bupati Nias Selatan, Jalan Arah Lagundri Sorake KM. 5, Fanayama Kabupaten Nias Selatan Propinsi Sumatera, Rabu (11/11/2020).


Dihadiri, Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Selatan, Ir. Ikhtiar Duha, MM., Wakil Ketua DPRD Kabupaten Nias Selatan, Fa’atulo Sarumaha, S.IP, MM., Kasi Intel Kejari Nias Selatan, Satria Darma Putra Zebua, SH., mewakili Kapolres Nias Selatan, Kepala BPN Nias Selatan, Kadis Perhubungan Nisel, Fa’atulo Gulo, Kadis Pendidikan, Nurhayati Telaumbanua, Plt Kepala Bappeda, mewakili Kepala Bandara Binaka, Camat Luahagundre Maniamolo, Rosmanis Dakhi, pemilik lahan di sekitar Bandara Udara Silambo., konsultan, Tokoh Masyarakat, Ssma Suka Wau., LSM dan Pers.


Kadishub Nias Selatan, Fa’atulo Gulo, S.Pd dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan dilaksanakan dalam rangka penyempurnaan perencanaan studi rencana induk pembangunan dan perencanaan studi rancangan teknik terinci (desain dan RAB) pembangunan Bandara Udara Silambo di Desa Botohili Silambo dan Desa Hilimaniamolo Kecamatan Luahagundre Maniamolo Kabupaten Nias Selatan Provinsi Sumatera Utara.


Wakil Ketua DPRD Nias selatan, Fa'atulo Sarumaha, S.IP manyampaikan, saya sangat berterimakasih atas rencana pembangunan bandara Udara Silambo bahwa pasti akan dibangun, apapun kendala, mari kita selesaikan bersama dan kami dari DPRD Nias Selatan sangat mendukung atas program Bandara Udara Silambo dan tentang anggaran harus jelas peruntukannya agar bandara silambo dapat terwujud. Lanjutnya, Sekolah yang akan dipindahkan  harus diadakan pertemuan dengan semua unsur yang terlibat didalamnya agar relokasi sekolahnya jelas, beber Sarumaha.


Mewakili Kepala Bandara Udara Binaka Gunungsitolo mengatakn mari kita berkerja bersama untuk mendukung semua program pembangunan Bandara Udara Silambo supaya dapat terlaksana dengan baik serta bermanfaat untuk kita semua serta menjadi kebanggaan kita bersama. Jangan kita lihat kebelakang tapi kita harus berpedoman kedepan agar bandara ini dapat terwujud dengan baik.


Tokoh Masyarakat Sama Suka Wau mengatakan, perlu kami sampaikan kekecewaan masyarakat terkait program Bandara Udara Silambo itu karena perencanaannya dimulai pada Tahun 2013 namun sampai saat ini belum juga terbangun, saya sangat berterima kasih kepada pemerintah Nias Selatan jika Bandara Udara Silambo dapat terbangun. Kendala sampai sekarang ini sudah tidak ada karena masyarakat Nias Selatan sangat mendukung program untuk memajukan dunia pariwisata, terang Wau.


Sekda Nias Selatan, Ir. Ikhtiar Duha, MM mengatakan Bandara Silambo merupakan kerinduan masyarakat dan pintu gerbang kemajuan pariwisata di Kabupaten Nias Selatan.


“Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Nias Selatan telah menganggarkan pembangunan Bandara tersebut, namun karena pandemi Covid-19, pemerintah pusat melakukan pemotongan DAU Kabupaten Nias Selatan sekitar Rp57 Milyar, sehingga program tersebut terganggu,” terangnya.(doeha)

Pembaca :
{[['']]}
Lanjut
Selanjutnya
Selanjutnya
Berita Lain
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 MOKI I Kabar-Investigasi.com. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.