Kamis, 10 Desember 2020

Media Pembelajaran di Masa Pandemi Untuk Siswa SD

    12/10/2020   No comments

Novia Setyoningtyas, S.Pd.

MOKI, PATI-Sejak ditetapkannya Covid 19 sebagai pandemic pada tanggal 11 Maret 2020.Pemerintah mengeluarkan surat edaran Mendikbud No.4 tahun 2020 yang menetapkan aturan belajar dari rumah (learn from home) bagi anak – anak sekolah dan bekerja dari rumah (Work Form Home ) bagi guru. 


Untuk dunia pendidikan di Indonesia kondisi inin merupakana hal yang tidak terduga bagi guru, orang tua maupun anak. 


Dengan daanya kondisi seperti itu kita sebagai pendidik haus mencari cara agar proses belajar mengajar tetap berjalan meskipun mereka di rumah dalam jangka waktu yang belum tentu.


Sebagian dari satuan pendidikan masih tetap bisa melaksanakan proses belajar mengajar dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi ( TIK ) .


Tentunya semua itu tidak berjalan dengan mulus, Peran orang tua di sni sangat di perlukan. 


Kita sebagai guru harus bisa mengimbangi keadaan tersebut dengan pemanfaatan TIK. TIK bukan sebagai penghalang di dunia pendidikan melainkan sebagai kebutuhan pokok yang harus kita penuhi.


Aplikasi pembelajaran tematik berbasis TIK merupakan sarana pendukung atau penunjang pembelajaran. Aplikasi TIK yang dikembangkan guru harus sesuai dengan karakteristik siswa sehingga penggunaannya bisa memotivasi belajar  siswa. 


Dikarenakan siswa SD masih memiliki kontrol diri yang lemah, maka penggunaan aplikasi pembelajaran tematik berbasis TIK harus selalu didampingi oleh guru, orang tua, atau orang dewasa yang memiliki kemampuan literasi digital paling tidak pada level pemahaman terhadap bahaya TIK untuk anak. 


Upaya menghindarkan siswa SD dari TIK bukan merupakan upaya anti-teknologi, melainkan upaya preventif untuk mencegah dampak negatif penggunaan TIK yang kenyataannya lebih besar daripada dampak positif untuk siswa SD.


Media yang bisa gunakan dalam masa pandemic ini bagi siswa Sekolah Dasar banyak pilihannya  diantaranya dengan menggunakan platform seperti aplikasi whatshapp, dengan membentuk grup whatshapp di kelas kita sebagai guru bisa menyampaikan materi pembelajaran lewat grup tersebut.


Dengan kreatifitas kita bisa menyisipkan materi pembelajaran yang kita ambil dari youtube atau kita bisa merekam materi pembelajaran sendiri. 


Bisa juga kita membuat video pembelajaran dengan gambar atau kreatifitas kita dalam menggunakan animasi yang menarik.. 


Di samping itu untuk media power point juga bisa di gunakan dalam penyampaian materi dalam grup whatshapp tersebut.


Selain lewat whatshapp kita bisa menggunakan zoom atau google meet. Pembelajaran yang berbasis IT yang bisa dilakukan di rumah atau dimana saja.


Dengan aplikasi zoom kita bisa bertatap muka dengan siswa – siswa tanpa harus ketemu langsung. Kita akan lebih mudah dalam penyampaian materi karena kita bisa melihat anak – anak seperti pembelajaran di kelas. 


Dengan apilkasi zoom kita bisa menggunakan media  power point untuk penyampaian materi. Dengan aplikasi zoom ini anak lebih memahami pembelajaran karena bisa berinteraksi dengan guru langsung tanpa bertatap muka.


Selain menggunakan aplikasi di atas , kita sebagai guru bisa memanfaatkan media pembelajaran lainnya dalam penyampaian materi ke siswa – siswa seperti dengan membuat flipbook, E modul. Siswa – siswa SD cenderung usia yang menyukai animasi jadi diusahakan yang banyak animasi, gambar agar bisa menarik dan memotivasi mereka dalam pembelajaran.


Tidak semua aplikasi pembelajaran daring bisa di gunakan semua, namun harus di sesuaikan dengan kebutuhan guru dan siswa. 


Keberhasilan guru dalam melaKukan pembelajaran daring dalam masa pandemic covid ini adalah kemampuan dalam berinovasi merancang perangkat pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa berdasarkan tercapainya tujuan pembelajaran dalam masa pandemic ini.


Pola fikir yang positif dapat membantu penerapan  media pembelajaran daring, sehingga menghasilkan pencapaian yang maksimal karena orang tua sebagai role model dalam pendampingan belajar siswa di rumah.


Jadi amat sangat di perlukan komunikasi antara guru dan orang tua.Kita sebagai guru di abad 21 harus bisa menyesuaikan perubahan dalam pemanfaatan IT dalam situasi atau kondisi yang tidak terduga. 


Semoga masa pandemic ini segera berakhir dan kita bisa mengajar siswa dengan bertatap muka langsung dengan mengembangkan inovasi - inovasi baru yang berbasis IT sesuai perkembangan dunia pendidikan.


Ditulis Oleh : 

Novia Setyoningtyas, S.Pd.

Guru SDN Pasucen 01 Kec. Trangkil

Pembaca :
{[['']]}
Lanjut
Selanjutnya
Selanjutnya
Berita Lain
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 MOKI I Kabar-Investigasi.com. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.