Jumat, 25 Desember 2020

Pleno KPU Nisel Gugurkan Rekomendasi Bawaslu Tentang Diskualifikasi Paslon 01

    12/25/2020   No comments


MOKI, Nias Selatan-Polemik surat rekomendasi tentang diskualifikasi terhadap Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Nias Selatan No. Urut 1 atas nama Dr. Hilarius Duha, S.H., M.H. dan Firman Giawa, S.H., M.H oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Nias Selatan. KPU Nias Selatan mengadakan rapat pleno untuk menindaklanjuti rekomendasi Bawaslu Nias Selatan yang digelar di Kantor KPU Kabupaten Nias Selatan Jalan Pelita Kecamatan Telukdalam Kabupaten Nias Selatan Propinsi Sumatera Utara, Kamis (24/12/2020).


Rekomendasi Bawaslu Nias Selatan dengan Nomor 915/Bawaslu-Prov.SU.14/PM.06.02/XII/2020 tertanggal 18 Desember 2020 sempat membuat gaduh dan beberapa spanduk dipasang mengatas namakan masyarajat Nias Selatan. Spanduk tersebut beberapa oknum pengdukung 02 menjaga sampai pagi.


Surat Bawaslu Nias Selatan ini berperihal Penerusan Pelanggaran Administrasi Pemilihan, beserta lampirannya berupa Formulir Laporan Nomor 011/REG/LP/PB/KAB/02.19/XII/2020 dan Kajian Dugaan Pelanggaran sebagaimana Nomor 011/REG/LP/PB/KAB/02.19/XII/2020 tertanggal 18 Desember 2020 telah menyimpulkan bahwa Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Nias Selatan No. Urut 1 atas nama Dr. Hilarius Duha, S.H., M.H. dan Firman Giawa, S.H., M.H. sebagai terlapor.


Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nias Selatan menindaklanjuti surat tersebut dengan berpedoman pada regulasi yang ada yakni Mencermati kembali data atau dokumen sebagaimana rekomendasi Bawaslu sesuai dengan tingkatannya; dan atau menggali, mencari dan menerima masukan dari berbagai pihak untuk kelengkapan dan kejelasan pemahaman laporan pelanggaran Administrasi Pemilu.


Sejumlah pihak yang dimintai masukan oleh KPU Kabupaten Nias Selatan adalah Ketua DPRD Kabupaten Nias Selatan Elisati Halawa, ST., Ketua TAPD Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Selatan Ir. Ikhtiar Duha, MM., Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Nias Selatan Ir. Norododo Sarumaha, MM, Pelapor atas nama Mukami Eva Wisma Bali, Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia, Ahli Hukum Tata Negara Dr. Janpar Simamora, dan Penggiat Pemilu atau Pemilihan Titi Anggraeni.


Dari hasil langka-langkah di atas dan hasil rapat yang tercatat dalam Berita Acara Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Nias Selatan Nomor : 271/PY.02.1-BA/1214/PM.06.02./XII/2020 Tentang Tindaklanjut Atas Surat Rekomendasi Bawaslu Kabupaten Nias Selatan Nomor : 915/Bawaslu-Prov-SU-14/PM.06.02/XII/2020 dikeluarkan pengumuman KPU Kabupaten Nias Selatan yang bernomor: 1226/PY.02.1-Pu/1214/KPU/KAB/XII/2020 menyatakan bahwa terlapor Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Nias Selatan Nomor Urut 1, atas nama Dr. Hilarius Duha, S.H. M.H. dan Firman Giawa S.H., M.H. TIDAK TERBUKTI melakukan pelanggaran Administrasi Pemilihan. 


Pantauan, proses rapat pleno di KPU Nias Selatan dijaga ketat pihak Keamanan dan situasi berjalan dengan sukses sampai selesai rapat pleno.(doeha)

Pembaca :
{[['']]}
Lanjut
Selanjutnya
Selanjutnya
Berita Lain
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 MOKI I Kabar-Investigasi.com. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.