Kamis, 07 Januari 2021

Pengurus Karang Taruna "TUNAS REMAJA BANGSA" Desa Solok Resmi Terbentuk

    1/07/2021   No comments


MOKI, JAMBI-Pemuda tidak lagi hanya dalam posisi berpangku tangan atau menunggu inisiasi dari pemerintah untuk bersama-sama berperan mengisi pembangunan desa. Menginisiasi dan mendorong konsep pembangunan desa dalam era desentralisasi ini, sangat terbuka bagi pemuda. Pemuda yang mampu membaca tanda-tanda zamannya, seyogyanya telah berada pada pilihan penguatan kelembagaan lokal, guna mendorong kesadaran semua elemen masyarakat tuk terlibat aktif mendorong pembangunan di desa.

Berbicara tentang pemuda dan Karang Taruna tidak akan jauh Permensos 25, 2019  yang menyebutkan bahwa Karang Taruna adalah organisasi sosial kemasyarakatan sebagai wadah dan sarana pengembangan setiap anggota masyarakat yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial dari, oleh, dan untuk masyarakat terutama generasi muda di wilayah desa/kelurahan terutama bergerak di bidang usaha kesejahteraan sosial.

Rabu malam (6/1), Tim formatur pembentukan pengurus karang taruna desa desa solok kec kumpe ulu kabupaten muaro  jambi. mengundang perwakilan pemuda dari masing-masing wilayah  dusun dan pengurus organisasi pemuda dan tokoh masyarakat desa solok, Maksud dan tujuan diundangnya pemuda di kantor balai desa adalah untuk membahas mengenai penyusunan pengurus karang taruna desa. Kegiatan ini sebagai tindak lanjut pertemuan sebelumnya, dimana kepengurusan periode sebelumnya telah selesai masa bhaktinya.



Sekretaris desa solok YAKUB Spd.i dalam sambutannya menjelaskan, bahwa banyak masyarakat  yang beranggapan bahwa Karang Taruna hanya beranggotakan kalangan “pemuda”  yang menurut mereka berusia 13 – 30 tahun dan belum menikah, padahal  ‘’Keanggotaan Karang Taruna menganut sistem stelsel pasif yang berarti seluruh anggota masyarakat yang berusia 13 (tiga belas) tahun sampai dengan 45 (empat puluh lima) tahun dalam lingkungan desa atau kelurahan atau nama lain yang sejenis merupakan warga Karang Taruna”.  



Yakub spd.i  menambahkan bahwa dengan terbentuknya kepengurusan karang taruna yang baru diharapkan dapat menambah power untuk kemajuan desa, apa lagi dana desa bisa digunakan untuk kegiatan pemberdayaan, jelasnya. Serta dengan terbentuknya kembali susunan pngurus kepemudaan Yakub berpesan agar dapat meningkatkan persatuan dan kekompakan antara pemuda antara dusun 1 dan dusun 2.



Di waktu yang sama. NGADINO. Selaku kadus 2 mengatakan,"Pembentukan karang taruna desa solok merupakan juga sebagai wadah pengkaderan pemimpin kedepannya.TUNAS REMAJA BANGSA. yang bisa kita artikan sebgai tunas tunas baru remaja calon pemimpin bangsa dari desa solok berharap peran aktipnya dalam membantu menjalankn program pemerintah yang ada di desa.. Kita disini smua belajar smua dari nol..kalu bkn skrng kita mulai kapan lagi. Insllah smua siap bahu membahu sserta memberikan suportnya buat para pemuda desa solok,"katanya.



Sementara ketua tepilih INDRA FAHLADIN.mngucapkan trimkasih kepada teman - teman yang sudah menunjuk dan mempercayainya untuk menjadi ketua. Indra mengatakan pada pertemuan ini diharapkan masukan dan saran kepada peserta yang hadir, agar memberikan masukan dan saran nama-nama dari masing-masing wilayah, untuk dipilih sebagai calon pengurus karang taruna desa. Serta mohon masukan  dan pembinaannya dan arahanya dalam menjalankan organisasi kedepannya.



Di lain waktu.kades Solok BASAR .melalui media ini di konfirmasi via watshap mengatakan, pertama ucapkan selamat kepada para pemuda terpilih.serta mohon maaf tdak bs mngahdiri acara pembentukan formatur karang taruna desa karna sedang berada di luar kota.secepatnya akan berkordasi dg para pemuda serta banyak sekali masukan-masukan yang akan di berikan terhadap pengurus karang taruna yang baru.



Sebagai hasil dari pertemuan tim formatur pada rabu, 6 januari 2021 adalah disepakatinya calon-calon nama pengurus karang taruna, yang untuk selanjutnya akan dilaporkan kepada kepala desa solok... Harapan dari dari tim formatur ini bahwa nanti setelah dilantik sebagai pengurus karang taruna harus memberikan kontribusi nyata, semoga bukan sekedar kumpul dan berorganisasi melainkan dapat menjadi sarana untuk merangkul para pemuda yang berada di Desa SOLOK , untuk peduli dan aktif bersama membangun desa”. Pemuda harus menyadari bahwa, harapan dan cita-cita kemerdekaan ada dipundak para pemuda. Semoga dengan bangkitnya karang taruna di desa Pegiringan, menjadi awal kebangkitan pemuda DESA SOLOK. (DEDI W.)

Pembaca :
{[['']]}
Lanjut
Selanjutnya
Selanjutnya
Berita Lain
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 MOKI I Kabar-Investigasi.com. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.