Minggu, 21 Februari 2021

BSU Kaliabang Bekasi Produk Kreatifnya,Ramaikan Event Hari Peduli Sampah Nasional

    2/21/2021   No comments


MOKI, BEKASI-Dengan meningkatnya aktivitas manusia, bertambah pula jumlah sampah yang dihasilkan. Sampah merupakan sesuatu yang tersisa atau tidak digunakan lagi.Namun bagi Bank Sampah Unit (BSU) SriRejeki RW 16 Kaliabang Bekasi Utara, sampah  disulapnya menjadi kerajinan yang memiliki nilai ekonomis. Ini di buktikan saat Memamerkan hasil karyanya di Acara Hari Peduli Sampah Nasional Di pasar Alam vida Bekasi. ( Minggu, 21/2/2021) 


Ketua BSU Srirejeki, Tuti Yulianti Mengatakan sebagian besar dari sampah yang datang merupakan sampah organik dan sampah anorganik. Namun dari dua jenis sampah ini sampah anorganik di buat menjadi sebuah kerajinan yang memiliki nilai ekonomis. Ada yang berasal dari botol mineral, bungkus kopi sachet dan jenis lainnya yang mampu di manfaatkan. 


"Ada dua jenis sampah yang di bawa ke bank sampah kami yakni organik dan anorganik.Barang-barang dari daur ulang sampah ini memiliki kualitas yang bagus bahkan sampai tahan bertahan-tahun."Jelasnya 


Suharti (40) Ketua BSU Teratai, di kesempatan yang sama menambahkan bahwa apa yang ia lakukan bersama tim nya ini, selain mengajarkan membina dan mengedukasi ibu- ibu rumah tangga sehingga mendapatkan pundi-pundi ekonomi bagi keluarga juga mengurangi penumpukan sampah yang ada.ia berharap kedepan bermula dari individu anggota keluarga membiasakan memilih dan memilih kemudian mampu memanfaatkan sampah dari rumahnya terlebih dahulu  sebelum nantinya sampai ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA). 


" Sebagai ketua, saya memberikan pembinaan, edukasi kepada Ibu ibu yang ada di lingkungan. Harap nya sih, anggota kami yang mayoritas ibu rumah tangga ini  mampu meningkat kreatifitasnya, hasil dari kerajinan ini tentu akan berdampak juga pada peningkatan ekonomi keluarga " terangnya. 


Berbagai jenis kerajinan yang mereka pamerkan di Acara hari peduli sampah nasional, cukup menarik dan unik. Ada tas, dompet, vas bunga, aneka ragam bunga2 an dengan berbagai ukuran yang terbuat dari bahan bungkus kopi, botol mineral. Selain bernilai seni yang tinggi, kesulitan dalam pembuatan nya pun cukup lumayan rumit. (Said)

Pembaca :
{[['']]}
Lanjut
Selanjutnya
Selanjutnya
Berita Lain
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 MOKI I Kabar-Investigasi.com. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.