Jumat, 19 Februari 2021

Inspektur Komando Daerah Militer I/BB Apresiasi Program Wisata Budaya Di Kepulauan Nias

    2/19/2021   No comments


MOKI, Gunung Sitoli-Inspektur Komando Daerah Militer I/Bukit Barisan, Brigadir Jenderal TNI Gamal Haryo Putro, S.I.P., M.Hum., M.S.S., gelar kunjungan ke Desa Tumöri, Gunungsitoli Barat, Kota Gunungsitoli, Nias, yang saat ini tengah berbenah diri untuk mempersiapkan pengembangan wisata budaya yang dikelola oleh masyarakat desa, Kota Gunung Sitoli Propinsi Sumatera Utara, Sabtu (13/02/2021)


Dihadiri : dalam kunjungan kerja Brigadir Jenderal TNI Gamal Haryo Putro bersama rombongan antara lain Letkol Inf.TP Lobuan Simbolon (Komandan Kodim 0213/Nias), Drs. Penyabar Nakhe (anggota Komisi E DPRD Provinsi Sumatera Utara), Nata’alui Duha (Direktur Museum Pusaka Nias), Arianto Zega, SE., MM. (Camat Gunungsitoli Barat), dan Bachtiar Djanan (Wakil Ketua Perkumpulan HIDORA, konsultan perencanaan pengembangan pariwisata dan pemberdayaan masyarakat, dari Banyuwangi - Jawa Timur, yang mendampingi program wisata budaya Desa Tumöri).


Kedatangan rombongan di Desa Tumöri disambut hangat oleh Kepala Desa Tumöri, Tönazarö Zebua, bersama perangkat desa, anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD), dan Lembaga Adat Desa Tumöri (LAD Tumöri), dengan diawali dengan ramah-tamah dan diskusi di Sekretariat Lembaga Adat Desa Tumöri (LAD Tumöri). 


Lepas acara diskusi, rombongan berjalan kaki meninjau lokasi rumah-rumah adat berusia sekitar 100 tahun yang berada di sepanjang jalan utama Desa Tumöri. Dalam peninjauan ini Brigadir Jenderal TNI Gamal Haryo Putro dan rombongan beberapa kali berhenti untuk berfoto dan mendokumentasikan eksotisnya bangunan-bangunan kayu warisan leluhur yang kini hanya tinggal tersisa 10 rumah adat di desa berpenduduk 1.027 jiwa ini.


Sekitar jam 9 pagi, kegiatan peninjauan dan kunjungan berakhir dengan penutup berfoto bersama dan mengambil dokumentasi rumah adat tempat kelahiran Mayor Jenderal TNI (Purn.) Drs. Christian Zebua, M.M., Mantan Pangdam XVII/Cenderawasih, Papua, putra Nias pertama yang menjadi jenderal di lingkup TNI AD. (doeha)

Pembaca :
{[['']]}
Lanjut
Selanjutnya
Selanjutnya
Berita Lain
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 MOKI I Kabar-Investigasi.com. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.