Jumat, 12 Februari 2021

Pencanangan Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Kepada Pejabat Publik Nias Selatan

    2/12/2021   No comments


MOKI, Nias Selatan-Pencanangan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dalam rangka memutus mata rantai penyebaran wabah Covid-19, khususnya di Kabupaten Nias Selatan. Sejumlah pejabat publik di jajaran Pemerintah Kabupaten Nias Selatan sebanyak 10 orang divaksin Covid -19 digelar di Aula Kantor Bupati Nias Selatan, Jalan Arah Sorake Km. 5 Teluk Dalam Kabupaten Nias Selatan Propinsi Sumatera Utara, Jumat (12/02/2021).


Pemkab Nias Selatan mulai mencanangkan pelaksanaan vaksinasi yang diawali dengan sepuluh pejabat esensial. Dalam pencanangan ini di skrining semuanya sebanyak 10 orang divaksin.


Dalam laporannya, Sekda Nias Selatan Ir. Ikhtiar Duha, MM menyampaikan vaksin Covid-19 yang digunakan produksi dari SinoVac yang sudah mendapatkan izin dari BPOM RI yang diterima melalui pemerintah Provinsi Sumut sebanyak 4.000 vial.

Keberhasilan program vaksinasi itu tidak terlepas dari partisipasi dan dukungan seluruh masyarakat Nias Selatan. Vaksin sebagai alat yang dipakai untuk melindungi diri, masyarakat Nias Selatan dan melindungi peradaban manusia di bumi.

 

Wakil Ketua DPRD Nias Selatan, Fa’atulo Sarumaha, S.IP, MM menyampaikan walaupun wilayah Nias Selatan masih zona hijau, maka dia mengingatkan untuk selalu menjaga kesehatan, salah satunya melalui program vaksinasi hari ini.

“Mari kita ikuti dengan baik dan jangan ada rasa takut, karena ini telah diuji secara klinik oleh pemerintah sebelum dipakai.

.

Bupati Nias Selatan, Dr. Hilarius Duha, SH, MH menjelaskan, kegiatan vaksinasi Covid-19 ini merupakan pelaksanaan perdana untuk Kabupaten Nias Selatan.

“Hari ini juga, kami Forkompinda menerima vaksin itu dengan tidak ada rasa keraguan dan kecemasan. Sehingga harapan kita ke depan, semua tenaga kesehatan dan juga masyarakat supaya tidak ragu-ragu menerima vaksin ini untuk mencegah dan menjaga kesehatan kita,”tegas Bupati.


Pelaksanaan vaksinasi perdana ini hanya untuk tenaga kesehatan dan para pejabat lingkup Pemkab Nisel, berkisar 25 orang.

Kata dia, setelah menerima vaksin itu  tidak ada kecemasan dan sampai saat ini baik-baik saja.

“Saya sendiri, dan Pak Kapolres, Danlanal saat saya tanya setelah menerima vaksin ini, ya tidak ada perubahan dan semoga sampai menerima vaksin kedua mudah-mudahan seha -sehat saja”, harapnya.

Ia menambahkan, pelaksanaan vaksinasi kedua akan dicanangkan 26 Februari 2021 mendatang, dan vaksin diberikan kepada masyarakat secara gratis.


Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Nias Selatan, Fa'atulo Sarumaha, S.IP, MM menjadi pejabat esensial yang disuntik vaksin SinoVac dalam pencanangan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Nias Selatan.

Ditemui usai menjalani observasi selama 30 menit, Sarumaha menyampaikan bahwa dirinya dalam keadaan baik-baik saja setelah divaksin.

“Pengalaman saya pribadi, tidak merasakan apa-apa. Tidak ada perubahan atau gejala dan lain-lain. Bisa saya ambil kesimpulan vaksin ini aman, halal dan baik untuk melindungi kita dari Covid-19,” ungkap Sarumaha.


“Sampai saat ini setelah observasi selama 30 menit dan hampir satu jam yang lalu setelah divaksin, saya tetap dalam keadaan normal, tidak terasa apa-apa. Oleh sebab itu, saya mengimbau kepada masyarakat yang memenuhi syarat, bisa menerima vaksin agar kita bisa terlindungi dari Covid-19,” ujar Sarumaha.


Begitu juga saat jarum disuntikkan ke tubuh, menurut Sarumaha, tidak terasa apa-apa.

“Mungkin karena penggunaan jarum yang sangat kecil, sehingga tidak terasa apa-apa, seperti digigit semut saja. Mudah-mudahan ini bisa menjadi contoh, bahwa program vaksinasi dari pemerintah khususnya di Kabupaten Nias Selatan berjalan sangat baik,” terangnya.


Pantauan, di ruang itu, pejabat esensial yang telah divaksin seperti Bupati Nias Selatan Hilarius Duha, Wakil Ketua DPRD Fa’atulo Sarumaha, Kapolres Nisel, AKBP Arke Fuman Ambat, S.I.K, Danlanal Nias Letkol Laut (P) Hendro Antonius Prasetio, Sekda Nisel Ir. Ikhtiar Duha, MM, Kasi Datun Dona M. Sebayang, Kapten Oza Zebua, Ketua Cabang Bhayangkari, Ny. Mita Ambat Ketua Jalasenastri Ny. Sionita Antonius, Kadis Kesehatan dr. Heni K. Duha juga terlihat dalam keadaan baik. (doeha)

Pembaca :
{[['']]}
Lanjut
Selanjutnya
Selanjutnya
Berita Lain
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 MOKI I Kabar-Investigasi.com. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.