Sabtu, 13 Februari 2021

Tak hanya Salurkan Bantuan, RELAWAN kitebekasi Peduli Juga Lakukan Trauma Healing

    2/13/2021   No comments


MOKI, BEKASI-Bencana banjir yang menimpa Muara Bakti Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi Sejak awal februari kemarin Tengah mengakibatkan banyak kerugian baik secara fisik maupun non fisik. Kerugian berupa non fisik meliputi adanya trauma yang dimiliki pada anak-anak.Oleh karena itu, Melihat Kondisi ini Tim kitebekasi Peduli Ajak anak-anak Di tenda Dapur umum bermain dan memotivasi mereka dengan trauma Healing.(Jumat,12/2/2021) 


Setelah welawati jalur lokasi yang sempit dan masih tergenang banjir mengingat, akhirnya tim RELAWAN kite Bekasi sampai di tujuan dengan di pandu beberapa Sesepuh, Karang taruna, dan Perangkat desa setempat. 


Puluhan Nasi siap saji pun secara estafet mulai di turunkan dari mobil pengangkut Sumbangan donasi.Secara bergantian para relawan dengan membawa bantuan turun ke dapur umum melewati genangan air yang tinggi nya masih dibawah lutut orang dewasa. 


Setelah penyerahan bantuan kepada korban banjir yang di terima langsung pak kadus dan jajaran nya. Wakil ketua Ahmad Diway dan Samiarti srikandi KITE BEKASI berinisiatif mengajak anak-anak di lokasi untuk bermain games. 


"Ayoo adik-adik kita masuk kedalam abang Diway dan mpok akan mengajak kalian bermain games nanti ada hadiahnya loh. Ayo siapa yang bisa bershalawat.. Yang berani maju mpok siapin hadiahnya" Ajak mereka kepada anak-anak 


Pasca banjir sebagian dari korban mengalami trauma sehingga terganggu kondisi mentalnya dan psikologisnya. Trauma ini tidak bisa dibiarkan berlarut-larut terlalu lama karena akan berdampak pada kondisi kehidupan anak tersebut. Tujuan pengabdian ini dilakukan memberi dukungan dan pendampingan kepada anak-anak tentang trauma healing sebagai wujud tanggap bencana untuk menggurangi gangguan psikologis yang sedang dialami mereka. 


Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini yaitu penyuluhan yang diselingi dengan terapi bermain (play therapy) dan self motivation yang syarat akan muatan edukasi. Adapun hasil kegiatan yang dilakukan  yaitu penyembuhan trauma pada anak-anak pasca banjir membutuhkan proses berkesinambungan, pendekatan yang dapat kita dilakukan dengan cara bermain, menari dan bercerita bersama anak-anak dilokasi bencana. Tujuan dari kegiatan ini untuk menghilangkan rasa takut dan melupakan kesedihan atas trauma yang dialami.  (Said)

Pembaca :
{[['']]}
Lanjut
Selanjutnya
Selanjutnya
Berita Lain
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 MOKI I Kabar-Investigasi.com. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.