Senin, 15 Maret 2021

Dugaan Penggelembungan Siswa Dan Korupsi Dana PIP SMAN 1 Onolalu Semakin Mencuat

    3/15/2021   No comments


MOKI, Nias Selatan-Santernya dugaan penggelembungan jumlah Siswa serta dugaan Korupsi Dana Program Indonesia Pintar (PIP) di SMA Negeri 1 Onolalu mulai mencuat, masyarakat Kecamatan Onolalu meminta penegak hukum supaya menangani kasus dugaan korupsi Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Onolalu, Alfeus Bago  di Kecamatan Onolalu Kabupaten Nias Selatan Provinsi Sumatera Utara, Senin (15/03/2021)


Sejumlah warga masyarakat Kecamatan Onolalu menyampaikan kepada media ini bahwa Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Onolalu, Alfeus Bago diduga telah melakukan penggelembungan jumlah Siswa untuk memperkaya dirinya. Lanjutnya bahwa Bago melakukan dugaan korupsi pada penyaluran dana bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) di SMA Negeri 1 Onolalu selama beberapa Tahun secara berturut turut, beber warga.


Sebelumnya Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Onolalu Alfeus Bago saat dikonfirmasi di Rumahnya Jumat 12/03/2020 mengatakan, jumlah siswa saya yang akurat adalah kira kira sebanyak 62 orang (pada hal jumlah siswa di Absen sekolah hanya 60 Orang) tapi setelah saya tanyakan operator, saya heran kok berbeda selisih dengan jumlah siswa yang sudah di online kan, sekarang saya bertanya tanya dapodik online itu dari mana ya?... Alfeus berusaha mengelabui.


Terkait dana bantuan PIP terhadap siswa SMA Negeri 1 Onolalu yang tidak terbayarkan selama beberapa Tahun itu semua sudah cair namun berhubung para siswa tersebut sudah menamatkan bahkan semuanya telah keluar daerah sehingga saya kesulitan untuk mencairkan dana PIP tersebut, ungkap Alfeus Bago.


Perbandingan data, bila dicocokkan antara jumlah siswa di Absen Sekolah dengan jumlah dapodik yang sudah di online kan oleh sekolah SMA Negeri 1 Onolalu sangat jauh selisih atau beda jumlah siswanya.


Begitu juga kebenaran dari informasi yang diberikan oleh beberapa masyarakat onolalu bahwa dana PIP untuk siswa tidak pernah disalurkan oleh Kepala Sekolah pada hal sesuai hasil data online PIP, kepala sekolah telah melakukan penarikkan setiap tahunnya. (doeha)

Pembaca :
{[['']]}
Lanjut
Selanjutnya
Selanjutnya
Berita Lain
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 MOKI I Kabar-Investigasi.com. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.