Rabu, 17 Maret 2021

Gelar Musrenbang RKPD 2022, Kecamatan Lolomatua Bahas Prioritas Pembangunan

    3/17/2021   No comments


MOKI, Nias Selatan-Kecamatan Lolomatua Kabupaten Nias Selatan menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2021 dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2022 dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, bertempat di gedung gereja BNKP Jemaat Hililaza Kecamatan Lolomatua Kabupaten Nias Selatan Provinsi Simatera Utara, Selasa (16/03/2021).


Dihadiri : Camat Lolomatua, Alinudi Laia, SE.,MA, Sekcam Firman Buulolo, Kapospol Lolomatua Aipda Leo Panjaitan, Danposramil Lolomatua Sertu Edi Junaidi, Kapus Lolomatua Herthin Susila Mendrofa, mewakili Kaban Bappeda, Kasubid Pertanian, Setia Graha T. Dachi, Kabid Pemuda dan Olahraga Disbudparpora, Harmonis Fau, Kasi Disbudparpora, Sinehe Hulu, Para Kepala Desa, Anggota BPD., Tokoh masyarakat., Tokoh adat dan Pers.


Pembukaan dan penutupan Musrenbang dilakukan oleh Camat Lolomatua, Alinudi Laia, SE, MA  dalam sambutannya mengatakan, perencanaan pembangunan yang dirancang diharapkan tidak hanya ampuh menyelesaikan permasalahan pada saat ini. Ia berharap, perencanaan pembangunan juga mampu mengantisipasi permasalahan di masa datang melalui pendekatan yang kolaboratif dan inovatif.


"Kami berharap banyak, semoga SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) terkait dapat segera menindaklanjuti seluruh hasil Musrenbang ini," katanya.


Musrenbang RKPD dilaksanakan berdasarkan Undang Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017.


Proses Musrenbang tahunan Kecamatan Lolomatua diselenggarakan mulai dari tahap rembuk warga. Kemudian dilanjutkan dengan Musrenbang Tingkat Desa yang memiliki peran strategis dalam penyusunan RKPD Tahun 2022 agar tetap dalam koridor RPJMD


Fase terakhir adalah Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Nias Selatan.


"Musrenbang tahun ini merupakan konsultasi publik untuk menyelaraskan rancangan RKPD dengan usulan dari masyarakat mengenai prioritas program dan kegiatan pembangunan yang akan dilaksanakan pada tahun 2022," kata Camat.


Alinudi menyampaikan terima kasih kepada para narasumber, stakeholder serta seluruh peserta yang telah berkontribusi meluangkan waktu, tenaga, dan pikiran untuk Kecamatan Lolomatua dan umumnya Kabupaten Nias Selatan.


Kepala Bappeda dalam paparannya yang disampaikan oleh Setia Graha T. Dachi megatakan bahwa dasar pelaksanaan Musrenbang Kecamatan itu didasari oleh UU No. 25 Tahun 2004 Tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, UU No. 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah. Dimana tujuan Musrenbang Kecamatan itu, untuk penajaman, penyelarasan , klarifikasi dan kesepakatan usulan rencana pembangunan desa, tandas Dachi.


Dachi juga menyampaikan beberapa kegiatan Pembangunan APBD 2021di Kecamatan Lolomatua, diantaranya : Pembangunan TPT di jalan depan SD Hiliotaluo, Pembangunan TPT jalan di depan Paroki Trinitas Caritas Sogawunasi,  Pembangunan TPT Jalan di Pekan Tuhemberua, Pembangunan Air Bersih Desa Caritas, Pembangunan Tangki Septik Skala Individual Perdesaan Minimal 50 KK di Desa Ewo, Pengaspalan Jalan dari Marao menuju puncak Lolomatua, Rehabilitas ruang kelas dengan tingkat kerusakan minimal sedang dan perabotnya di SMP Negeri 1 Lolomatua, beber Dachi.


Pembangunan Ruang Perpustakaan beserta perabotnya di SMP Negeri 1 Lolomatua, Rehabilitas Toilet (Jamban) dengan tingkat kerusakan minimal sedang beserta sanitasinya di SMP Negeri 1 Lolomatua, Pengadaan peralatan laboratorium IPA Biologi di SMP Negeri 1 Lolomatua, Pengadaan peralatan laboratorium IPA Fisika di SMP Negeri 1 Lolomatua, Pengadaan Media Pendidikan di SMP Negeri 1 Lolomatua, Pengadaan peralatan teknologi, informasi dan komunikasi (TIK), terang Dachi.


Sementara itu, Ketua panitia dalam laporannya menyampaikan, beberapa output Musrenbang tahun ini merupakan prioritas pembangunan Kecamatan Lolomatua tahun 2022. Prioritas tersebut adalah, infrastruktur yang terpadu dan berkualitas; peningkatan kualitas layanan air bersih; peningkatan derajat kesehatan masyarakat; dan kualitas lingkungan hidup.


"Musrenbang yang telah dilaksanakan akan menjadi kesepakatan bersama dalam menentukan langkah-langkah pembangunan di tahun 2022 untuk mewujudkan Kecamatan Lolomatua.


Beberapa usul yang disampaikan di Musrenbang diantaranya pengaspalan jalan dari los Pekan menuju Desa Botohilinduria, pengaspalan jalan lingkar di Kantor Camat, Perbaikan jalan Kabupaten di Desa Hilisangowola, Lawa - Lawa, pengaspalan jalan menuju SMP Negeri 4 Lolomatua, pengaspalan jalan menuju SMA 1 Lolomatua, pengaspalan jalan menuju Bowo, Pembangunan Kantor Cabang Dinas.


Kemudian, pembangunan ruang guru beserta perabotnya di SDN. 071190 Hililaza, pengadaan mobil transportasi pick up (L300) yang diusulkan Desa Koendrafo dan Orodua Lawa- Lawa, Pembangunan Gapura perbatasan kecamatan, penataan taman kantor Camat dan taman SMP Negeri 3 dan di SDN. 071190 dan pembangunan los pekan. (doeha)

Pembaca :
{[['']]}
Lanjut
Selanjutnya
Selanjutnya
Berita Lain
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 MOKI I Kabar-Investigasi.com. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.