Jumat, 09 April 2021

Pemkab Anggarkan 5 Miliar Untuk Bencana Alam

    4/09/2021   No comments


MOKI, Sumenep - Sejak awal musim penghujan bencana alam di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur diterpa sejumlah bencana alam. Seperti Angin Puting Beliung, banjir, tanah longsor hingga abrasi. Jum


Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sumenep Yayak Nurwahyudi menyampaikan, anggaran untuk penanggulangan bencana tahun 2021 Pemerintah Daerah menganggarkan sebesar Rp5 miliar. Anggaran tersebut tidak cukup apabila digunakan untuk memperbaiki fasilitas umum yang rusak akibat bencana alam.


"Kalau harus tercover semua tidak cukup," katanya pada media Jum'at (9/4).


Anggaran untuk bencana alam kata Yayak diambilkan dari dana tidak terduga yang selalu dianggarkan setiap tahun. Tahun ini anggaran tidak terduga sebesar Rp43 miliar. Perinciannya Rp38 miliar diperuntukkan untuk covid 19, dan Rp5 miliar untuk bencana umum.


Minimnya anggaran untuk bencana umum itu kata Yayak, pemerintah daerah harus mencari solusi alternatif. Sebab, terdapat beberapa fasilitas umum yang rusak, seperti bencana alam yang terjadi di Desa Montorna Kecamatan Pasongsongan, dimana jembatan penghubung atar dusun ambruk.


Selain itu juga sejumlah fasilitas umum di Pulau Sapudi dan Pulau Raas rusak akibat diterjang ombak. 


"Nah ini yang masih dalam proses, bisa saja nanti untuk pekerjaan fisik dipasrahkan pada masing-masing OPD (organisasi perangkat daerah) terkait, misalnya kalau tangkis lau maka akan dikoordinasikan Dinas PU Sumberdaya Air," jelasnya.(Sr)

Pembaca :
{[['']]}
Lanjut
Selanjutnya
Selanjutnya
Berita Lain
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 MOKI I Kabar-Investigasi.com. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.