Senin, 19 April 2021

Program PISEW di Sumenep Untuk Meningkatkan Ekonomi Masyarakat

    4/19/2021   No comments


MOKI, Sumenep  – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) turut mendukung pertumbuhan ekonomi perdesaan melalui penyediaan infrastruktur dasar dengan skema Padat Karya Tunai. Salah satunya adalah Program Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) yang dilakukan Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya untuk mengurangi kesenjangan antar wilayah, pengentasan kemiskinan, memperbaiki tata kelola pemerintah daerah (kabupaten, kecamatan dan desa) serta memperkuat kelembagaan masyarakat di tingkat desa. Senin, 19/4/2021.


“Pembangunan infrastruktur kerakyatan manfaatnya dirasakan langsung oleh masyarakat seperti jalan produksi, jembatan gantung, rumah subsidi, penanganan kawasan kumuh, air minum dan sanitasi,” kata Benny Irawan, Kabid  Perumahan Rakyat dan Permukiman PUPRCIPTA Sumenep.


Menurutnya, selaku Tim Pelaksana Kabupaten Program PISEW di Kabupaten Sumenep Tahun Anggaran 2021 sangat berharap infrastruktur yang akan dibangun dapat mendorong pengembangan sosial dan ekonomi lokal, berdasarkan potensi atau komoditas unggulan, meningkatnya kapasitas dan partisipasi masyarakat dalam proses perencanaan pembangunan, dan mendayagunakan sumber daya dan tenaga kerja lokal dalam proses pembangunannya.


"Program Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) bertujuan agar masyarakat di perdesaan, berdaya dan mampu mengelola sumberdaya lokal yang ada guna meningkatkan ekonomi rumah tangganya," ujarnya.


Lanjut Benny, kecamatan yang menerima program PISEW tahun ini rata-rata anggaran dananya sebesar enam ratus juta rupiah.  Kecamatan penerima program PISEW adalah Pragaan, Lenteng, Ganding, Guluk-guluk, Ambunten, Rubaru, Dasuk, Batuputih, Gapura, Batang-batang, Nonggunong, Gayam, Raas, Sapeken, Saronggi, Pasongsongan, Dungkek, Manding, Batuan dan Kecamatan Arjasa. 


 "Untuk Kabupaten Sumenep pada tahun 2021, total anggaran dananya sebesar dua belas miliar Rupiah," tutupnya. (Sr)

Pembaca :
{[['']]}
Lanjut
Selanjutnya
Selanjutnya
Berita Lain
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 MOKI I Kabar-Investigasi.com. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.