Senin, 31 Mei 2021

Pengurus Cabang IBI Nias Selatan Gelar Uji Kompetensi D3 Kebidanan

    5/31/2021   No comments



MOKI, Nias Selatan-Pengurus Cabang (PC) Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Nias Selatan, bekerjasama PP IBI Pusat, PD IBI Propinsi dengan Aipkind menyelenggarakan uji kompetensi nasional (UKOMNAS) Retaker D3 Kebidanan dan Ketua Panitianya DR. Emi Nurjasmi, MKes. Kegiatan tersebut digelar di Aula Taman Baloho Indah Kecamatan Telukdalam Kabupaten Nias Selatan Provinsi Sumatera Utara, Sabtu (29/05/2021).


Ketua PC IBI Kabupaten Nias Selatan, Theresia Duha, SKM, STr.Keb mengatakan, pelaksanaan UKOMNAS D3 Kebidanan di Kabupaten Nias Selatan mengikuti tata cara dan Protokol kesehatan sesuai tata laksana yang ditentukan oleh Komite Nasional Uji Kompetensi demi mencegah penyebaran Covid-19.


Theresia Duha menjelaskan, pelaksanaan UKOMNAS merupakan salah satu program organisasi PP IBI dan AIPKIND membantu bidan bidan yang belum lulus ujian kompetensi dalam rangka meningkatkan kualifikasi dan kompetensi kebidanan terkait persyaratan sertifikasi dan standard kebidanan dan tenaga kesehatan untuk dapat bekerja di tatanan pelayanan kesehatan.


UKOMNAS juga merupakan bagian dari upaya standarisasi, registrasi dan prasyarat izin praktik bagi bidan yang akan memberikan pelayanan kebidanan di Kabupaten Nias Selatan.


Menurutnya, pelaksanaan UKOMNAS juga merupakan upaya PC IBI Kabupaten Nias Selatan mewujudkan pelayanan kesehatan dan kebidanan yang berkualitas kepada masyarakat. Untuk itu, sangat diperlukan sumber daya tenaga bidan yang kompeten dan profesional dalam mendukung pelayanan kesehatan di Kabupaten Nias Selatan.


Pelaksanaan UKOMNAS D3 Kebidanan 2021 yang dilaksanakan menggunakan satu metode ujian yaitu Computer Based Test (CBT) secara online di lokasi atau tempat ujian kompetensi (TUK) yang memiliki CBT Centre yang memenuhi standard.


Lanjutnya, adapun bidan yang bisa mengikuti Ujian Kompetensi Nasional secara online adalah D3 Kebidanan retaker yang telah dinyatakan lulus oleh perguruan tinggi, dan terdaftar di PT-DIKTI. Kebidanan Retaker yang akan mengikuti UKOMNAS berjumlah 151 orang. Sebelum ikut ujian nasional harus lulus berkas online. Kemudian ujian 6 modul terlebih dahulu setelah itu baru ujian nasional.


Ujian nasional retaker ini dI peruntukan bagi yg belum lulus kompetensi mendapatkan STR TMT lulusan thn 2013 s/d Des 2019, terang Theresia.


Ia juga menjelaskan bahwa ujian ukomnas retaker ini ada 3 gelombang yaitu gelombang pertama tgl 29 Mei 2021 , gelombang kedua bulan Agustus 2021 dan gelombang ketiga bulan November 2021. Bagi yang masih belum lulus ada ujian perdana lagi untuk ujian ukomnas jangan abaikan gelombang kedua dan gelombang ketiga untuk di ikuti. Melalui UKOMNAS yang dilaksanakan mampu menyaring bidan yang kompeten untuk memberikan pelayanan kebidanan secara paripurna kepada masyarakat dengan prinsip utama keselamatan pasien, tandas Theresia. (doeha)

Pembaca :
{[['']]}
Lanjut
Selanjutnya
Selanjutnya
Berita Lain
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 MOKI I Kabar-Investigasi.com. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.