Senin, 14 Juni 2021

Di Sumenep 7 Desa Mendapat Program Kotaku

    6/14/2021   No comments


MOKI, Sumenep- Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia mengucurkan dua program ke Kota Keris di tahun 2021 ini. Diantaranya melalui Program KOTAKU dengan tujuan utama untuk meningkatkan  kesejahteraan rakyat Sumenep. Senin, 14/6/2021.


Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Cipta Karya (PRPPCIPTA) melalui Kabidnya Benny Irawan menjelaskan,  Program KOTAKU (Kota Tanpa Kumuh) dan Program PISEW (Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah) merupakan bentuk upaya mitigasi terhadap pandemi Covid-19 dengan memberikan penghasilan tambahan untuk kelompok atau masyarakat berpenghasilan rendah melalui skema CFW (Cash For Work).


Konsep dari CFW adalah melibatkan peran serta masyarakat, khususnya yang memiliki penghasilan minim, untuk terlibat dalam pelaksanaan pembangunan sarpras desa padat karya pada Progaram KOTAKU dan PISEW, yang wajib dikerjakan oleh masyarakat desanya sendiri


Dengan CFW masyarakat yang bekerja di bayar harian agar mereka mendapatkan penghasilan, sehingga diharapkan dapat membantu menanggulangi penurunan daya beli akibat pandemi Covid-19.


Di Kabupaten Sumenep sendiri untuk tahun 2021, ada 7 desa penerima program KOTAKU yaitu, Desa Ambuten Timur, Desa Pabian, Desa Pamolokan, Desa Kebunan, Desa Kacongan, Desa Marengan Daya, Desa Kalianget Timur.


" Masing-masing desa mendatakan pendanaan Rp 300jt," ungkapnya.


Lanjut Benny sapaan akrabnya, untuk program KOTAKU Berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 177/KPTS/M/2021 tanggal 19 Februari 2021 tentang Penetapan Lokasi dan Besaran Bantuan Kegiatan Infrastruktur Berbasis Masyarakat TA.


Untuk melaksanakan kegiatan program Pemerintah Pusat tersebut, Dinas PU PRKP dan Cipta Karya Sumenep membentuk Tim Pelaksana Kabupaten agar memastikan kegiatan tersebut betul-betul tepat sasaran dan sesuai dengan juknisnya.


"Kegiatan tersebut, sebagian sudah berjalan yaitu, KOTAKU dilaksanakan sejak 27 April 2021 sampai dengan 26 Juni," jelasnya.


Menurutnya, selain ada tim khusus yang mendampingi pelaksanaan kegiatan program tersebut di lokasi, pihaknya juga Melakukan pemeriksaan pekerjaan fisik di lapang secara periodik berdasarkan dokumen perencanaan yang telah ditetapkan sesuai dengan jangka waktu pelaksanaan.


" Semoga dengan adanya program tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sumenep," harapannya.(Sr)

Pembaca :
{[['']]}
Lanjut
Selanjutnya
Selanjutnya
Berita Lain
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 MOKI I Kabar-Investigasi.com. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.