Jumat, 16 Juli 2021

Kasek SMAN 1 Lenteng, Alih Fungsi SMA Menjadi SMKN Menjadi Harapan Masyarakat Sumenep

    7/16/2021   No comments


MOKI, Sumenep - Demi peningkatan   dunia pendidikan di pulau Madura khususnya Kabupaten Sumenep peralihan alih fungsi SMAN 1 Lenteng menjadi SMKN menjadi harapan Masyarakat  Sumenep khususnya masyarakat di Kecamatan Lenteng. Jum'at, 16/7/2021.


Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur wilayah Sumenep H.Syamsul Arifin menjelaskan, wacana itu kurang lebih sudah tiga tahun lalu dan dua tahun yang lalu di tindak lanjuti dengan proposal dan tahun ini kami sudah tindak lanjuti dan kami sudah presentasi dengan kepala sekolah mengajukan proposal ke Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. 


" Karena keinginan masyarakat Lenteng dan sekitarnya lebih srek SMA di alihkan menjadi SMKN, setelah di lakukan kajian ternyata juga komete sekolah setuju dan Forkompimka (Forum pimpinan Kecamatan Mendukung) apalagi masyarakat juga sangat menginginkan adanya SMK Negeri," katanya saat ditemui diruang kerjanya. Jum'at(16/7)


Lanjut Samsul,  dan juga kepala sekolah, seluruh guru, kepada Desa dan Camat sudah tanda tangan untuk di usulkan dari SMA menjadi  SMKN. Saya sebagai pelayan publik tentunya dengan adanya kebijakan berdirinya SMKN lebih banyak saya sangat mendukung.


" Justru Sumenep di bandingkan dengan Kabupaten lain paling sedikit SMKN makanya saya sangat mendukung," ungkapnya.


Kita liat di Madura saja,  Pamekasan ada 9 SMKN, Sampang ada 7 SMKN, dan Bangkalan lebih banyak lagi, Sumenep hanya 3 SMKN.


" Atas dasar itu semua saya sangat respek mengusulkan  SMAN 1 Lenteng menjadi SMKN," tegasnya.


Sambung dia, selain adanya peralihan SMAN 1 Lenteng menjadi SMKN, Kami juga menghadap ke Bapak Bupati Sumenep meminta lahan kosong untuk penambahan unit sekolah SMKN baru di Sumenep, seperti di  daerah utara Kecamatan Manding dan juga  daerah timur untuk di adakan SMKN, Alhamdulillah Bapak Bupati respek .


" Kami sudah beberapa kali melakukan koordinasi dengan Bappeda, Alhamdulillah juga merespon dan sudah disiapkan tanah milik Pemkab," ujarnya.


Dia menambahkan, anak-anak yang melanjutkan ke perguruan tinggi di jawa timur sekitar 34% sisanya tidak melanjutkan ke perguruan tinggi. Artinya kalau anak lulusan SMA  tidak bisa melanjutkan ke perguruan tinggi anak tersebut harus punya keahlian biar tidak nganggur di masyarakat, yang bisa menjawab itu SMK.


" Karena anak SMK di bekali dengan ilmu keterampilan sesuai dengan jurusan masing-masing," imbuhnya.


Terpisah, Kasek SMAN 1 Lenteng Maswiyanto, S.Pd., M.Pd. beserta para dewan guru berharap permohonan peralihan/ Alih Fungsi SMA menjadi SMK memperoleh ijin secepatnya dari kementerian agar proses tersebut dapat terlaksana dengan baik dan lancar.

Dan juga membawa manfaat bagi masyarakat Lenteng dan sekitarnya, sehingga anak-anak kita mendapatkan tempat sekolah yang cocok untuk pengembangan kompetensinya,


" Kami sudah mendapatkan dukungan dari semua pihak baik para civitas smatulen maupun stakeholder/komite sekolah dan Forkompimka," paparnya.


Menurutnya, SMA N 1 Lenteng terletak di pinggiran Kabupaten Sumenep yang rata - rata masyarakatnya menengah kebawah. Dengan program alih fungsi SMA menjadi SMK diharapkan siswa bisa mendapatkan keahlian yang setelah Lulus bisa membantu perekonomian Keluarga.


" SMK salah satu bentuk keinginan kita bersama mewujudkan program pemerintah yang bebas dari pengangguran," tutupnya.(Sr)

Pembaca :
{[['']]}
Lanjut
Selanjutnya
Selanjutnya
Berita Lain
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 MOKI I Kabar-Investigasi.com. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.