Sabtu, 10 Juli 2021

Muscab Ke-I APDESI Nias Selatan Digelar, Wakil Bupati Buka Secara Resmi

    7/10/2021   No comments


MOKI, Nias Selatan-Wakil Bupati Nias Selatan, Firman Giawa, SH, MH secara resmi membuka kegiatan Musyawarah Cabang (Muscab) ke-I Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Nias Selatan digelar di Kalabubu House, Sorake Kecamatan Luahagundre Maniamolo, Kabupaten Nias Selatan Ptovinsi Sumatera Utara, Sabtu (10/07/2021).


Dihadiri : Wakil Bupati Nias Selatan, Firman Giawa, S.H., M.H.; Ketua DPRD Nias Selatan, Elisati Halawa, S.T.; Ketua dan Jajaran DPD Apdesi Provinsi Sumatera Utara serta para Kepala Desa dari perwakilan-perwakilan kecamatan se-Kabupaten Nias Selatan.


Muscab yang merupakan musyawarah pertama yang dilaksanakan di tingkat Kabupaten Nias Selatan ini, mengagendakan pemilihan Ketua dan Pengurus serta penyusunan program kerja DPC Apdesi Kabupaten Nias Selatan periode lima tahun ke depan.


Ketua DPD Apdesi Provinsi Sumatera Utara, Suparman dalam sambutannya, sangat bangga dan berterima kasih kepada panitia yang telah menggagas atau menggelar Muscab ini bagaimana bisa hadir di Kabupaten Nias Selatan.


"Apdesi ini hadir dalam membantu program pemerintah dalam membangun desa dan bukan untuk membangun kekuatan yang baru akan tetapi hadir untuk bersinergi bersama dengan pemerintah daerah dalam rangka menumbuhkembangkan pembangunan di desa yang bekerja sama dengan seluruh aparat desa," lanjut Ketua DPD Apdesi Provinsi Sumatera Utara itu.


Ketua DPD APDESI juga mengingat para Kepala Desa, bahwa Jabatan Kepala Desa bukalah pekerjaan, tetapi amanah. 


"Saya, ingatkan bahwa menjadi Kepala Desa bukan suatu pekerjaan, tetapi adalah amanah dalam arti bagaimana melayani, menjadi pelindung serta mengayomi," pungkasnya.


Suparman juga berharap kepada para Kepala Desa bisa membangun desa dengan berpedoman pada kultur atau apa yang menjadi potensi di desa tersebut supaya dapat dijadikan landasan dalam membangun desa. 


Ketua DPD Provinsi Sumatera Utara juga berharap kepada Ketua DPC APDESI Kabupaten Nias Selatan terpilih harus banyak belajar bagaimana caranya bersinergi dan bekerjasama dengan pemerintahan daerah dalam membangun desa. 


"Mudah-mudahan dengan hadirnya Apdesi di Nias Selatan, pemerintahan Kabupaten Nias Selatan semakin lebih maju dan berkembang," mengakhiri kata-katanya.


Elisati Halawa, Ketua DPRD Kabupaten Nias Selatan menyampaikan bahwa APDESI bukanlah sesuatu organisasi yang kecil.


Untuk itu, Elisati Halawa berharap  agar organisasi yang cukup kuat dengan berpedoman terhadap kultur dan Pancasila Sila ke -4, 'Kerakyatan yang dipimpin oleh kebijaksanaan dalam permusawaratan rakyat.'


"Untuk bermusyawarah, ada dua syaratnya dan harus diingat, yakni khidmat dan bijaksana," pesan Elisati.


Menutup sambutannya, Elisati  ucapkan selamat dengan kehadiran APDESI di Nias Selatan, mudah-mudahan dengan kehadiran APDESI maka Desa Maju, Indonesia Maju dan Indonesia Berdaulat.


Dalam arahannya Wakil Bupati Nias Selatan, Firman Giawa, SH  MH mengajak seluruh peserta Apdesi yang hadir agar bersatu karena dengan persatuan maka apa direncanakan akan berjalan dengan baik.


Firman juga berharap melalui musyawarah ini akan melahirkan program kerja dan pengurus Apdesi yang dapat mengayomi seluruh kepentingan pemerintah desa yang ada di Kabupaten Nias Selatan.


“Melalui Muscab agar dijadikan sebagai sarana dan wahana untuk mengingatkan berbagai kebijakan dan program kerja yang lebih mantap, tepat sasaran dan fokus, sehingga eksistensi Apdesi benar-benar sebagai representasi atau perwakilan dalam mewujudkan ide, masukan maupun pandangan di kabupaten ini. Himbauan saya, silahkan bermusyawarah akan tetapi setiap hasil dari musyawarah harus bisa di terima dengan baik," tandas Firman. (doeha)

Pembaca :
{[['']]}
Lanjut
Selanjutnya
Selanjutnya
Berita Lain
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 MOKI I Kabar-Investigasi.com. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.