Senin, 23 Agustus 2021

Santri Di Sumenep Mendapat Pelatihan Bertani Pisang Cavendish Dari Dispertahortbun

    8/23/2021   No comments


MOKI, Sumenep - Salah satu program Pemerintah Kabupaten Sumenep melalui Disperahortbun adalah Santri Milenial Entrepreneur 2021 yakni dalam bidang produk pangan.


Sebagai upaya pemerintah daerah untuk mewujudkan program itu, dengan memberikan pelatihan pada santri tentang budidaya pisang jenis cavendish termasuk pemasarannya.


“Pemerintah daerah memprogramkan santri entrepreneur, tujuannya untuk mencetak generasi santri yang kompeten, supaya bisa bersaing di era digitalisasi industrialisasi 4.0,” kata Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan (Dispertahortbun) Kabupaten Sumenep, Arif Firmanto, Sabtu (21/08/2021).


Pihaknya dalam pelatihan itu mengajak generasi muda atau santri untuk menghidupkan semangat bertani. Sehingga mereka berminat membudidayakan pisang Cavendish di Kabupaten Sumenep.


“Tentu saja, budidaya pisang ini sejalan dengan keinginan presiden bahwa kita harus bisa melakukan kegiatan-kegiatan yang mendukung tercapainya kedaulatan pangan, karena kedaulatan pangan salah satu tujuannya untuk menuju kedaulatan negara,” jelasnya.


Arif Firmanto mengungkapkan, komoditas pisang Cavendish memiliki potensi yang mumpuni, baik secara pembudidayaan sangat mudah serta peminatnya juga banyak.


“Kabupaten Sumenep memang sangat cocok untuk pengembangan pisang Cavendish. Jadi melalui pelatihan itu, hendaknya para santri juga bisa menjadi pembudidaya pisang tersebut,” tuturnya.


Arif Firmanto menambahkan, saat mengisi materi pelatihan, peserta sangat antusias, sehingga sangat berpeluang untuk pembudidayaan pisang di Kabupaten Sumenep.


“Peserta pelatihan itu berjumlah 60 orang yang pembekalan materinya dibagi 2 sesi, yakni sesi pertama sebanyak 30 peserta dan sesi kedua sebanyak 30 peserta,” pungkasnya.(Sr)

Pembaca :
{[['']]}
Lanjut
Selanjutnya
Selanjutnya
Berita Lain
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 MOKI I Kabar-Investigasi.com. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.