Sabtu, 18 Desember 2021

Dengan Alat Tangkap Sungkur, Para Nelayan Mampu Mengumpulkan Udang-Udang Kecil Di Pesisir Pantai

    12/18/2021   No comments

 


KUALA PEMBUANG -  Cuaca buruk yang melanda di sekitar perairan Kabupaten Seruyan membuat para nelayan Desa Sungai Bakau memilih istirahat sementara dari aktifitas melaut.


Dalam mengisi waktu luang, para nelayan setempat memilih mencari udang kecil dengan alat tangkap yang dinamakan warga setempat 'sungkur'.


Dengan alat tangkap sungkur yang di dorong secara manual di sekitar pesisir pantai, para nelayan mampu mengumpulkan udang-udang kecil.


“Udang kecil yang didapat di sekitar pesisir pantai Sungai Bakau ini, sebagai bahan dasar untuk pembuatan terasi dan cincalu, “ kata Yuyun Erawati Kades Sungai Bakau, Sabtu, 18 Desember 2021.


Menurutnya, selama ini Desa Sungai Bakau juga di kenal sebagai salah satu sentra pembuatan terasi dan cincalu berbahan dasar udang. Produk ini, sudah di pasarkan ke berbagai daerah.


Hasil yang didapat para nelayan dari mencari udang kecil di pesisir pantai cukup lumayan, hingga ada yang memperoleh hasil mencapai 2 hingga 3 kuintal  dalam satu hari.


“Dari aktifitas ini, lumayan untuk penghasilan mereka selama tidak bisa berangkat malaut. Hasil tangkapan udang yang didapat,  bisa untuk membuat terasi dan cincalu, “ tandasnya. (Rudin)

Pembaca :
{[['']]}
Lanjut
Selanjutnya
Selanjutnya
Berita Lain
Tidak ada komentar:
Write komentar

Ucapan Hari 17 Agustus 2022

© 2008 Kabar-Investigasi.com. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.