Sabtu, 18 Desember 2021

Dihina Serta Dihujat Bahar Bin Smith, Ternyata Jenderal Dudung Keturunan Sunan Gunung Jati Penyebar Agama Islam

    12/18/2021   No comments

 


JAKARTA - Politik Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Muannas Alaidid, buka suara soal hujatan yang dilontarkan Habib Bahar bin Smith kepada Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurrachman.


Melalui cuitan di laman Twitter pribadinya, Muannas nampak membela Jenderal Dudung. Ia menyebut bahwa Jenderal Dudung merupakan keturunan dari Sunan Gunung Jati.


“Jenderal Dudung keturunan Sunan Gunung Jati, Penyebar Islam yang damai, bukan yang bikin onar dan gaduh seperti Bahar,” tulis Muannas Alaidid dalam cuitannya, Jumat 17 Desember 2021.


Hal itu diungkapkannya sebagai respon dari ceramah Bahar bin Smith di depan para jamaahnya yang justru menyindir KSAD Dudung.


Kala itu, Bahar bin Smith menyebut ada kemungkinan Jenderal Dudung menyembah pohon jika tak ada orang Arab yang datang ke Indonesia untuk menyebarkan agama Islam.


“Kalau tidak ada para ulama, para habaib yang datang dari Arab ke Indonesia, si Dudung masih nyembah pohon,” ujar Bahar bin Smith.


Ditelusuri oleh Terkini.id, rupanya garis keturunan Jenderal Dudung diperoleh dari P Sumbu Mangkurat Sari / Pangeran Trusmi (Syarif Wilayatullah). Lebih tepatnya dari jalur putra Pangeran Syeikh Pasiraga, cucu Sunan Gunung Jati.


Pangeran Syeikh Pasiraga, adalah putra dari Pangeran Rama Sumbu Mangkuratsari atau yang biasa dikenal dengan Pangeran Garuda.


Lalu, Pangeran Garuda sendiri merupakan anak dari Sunan Gunung Jati dengan istrinya yang bernama Ratu fatimah Rara Baghdad.

 

Merujuk pada naskah Mertasinga, Pangeran Syeikh Pasiraga hidup pada masa kepemimpinan Sultan Pakungwati di era Panembahan Girilaya atau Abdul Karim atau Panembahan Ratu Pakungwati, pada pertengahan abad 17, tepatnya pada 1649.

Sumber : NKRIPOST/Terkini.id


[ YOPI ]

Pembaca :
{[['']]}
Lanjut
Selanjutnya
Selanjutnya
Berita Lain
Tidak ada komentar:
Write komentar

Peristiwa

© 2008 Kabar-Investigasi.com. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.