Jumat, 03 Desember 2021

Kepala Sekolah SDN 1 Sido Mukti Tidak Transparan Dalam Menggunakan Dana Bantuan Oprasional Sekolah (BOS)

    12/03/2021   No comments

 



TULANG BAWANG - Diduga SDN, 01. Suka Negeri, Kecamatan Gedung Aji Baru, Kabupaten Tulang Bawang di duga tidak transparan dalam mengelola Anggaran dana bantuan operasional sekolah (BOS). Jum'at (03/12/2021)


Saat Awak Media mendatangi sekolah tersebut pada kamis  tanggal 24 november 2021 guna untuk mengkonfirmasi terkait pengunaan anggaran dana BOS yang diduga Hanya untuk membayar honor 7 tenaga pengajar  sementara pengunaan dana BOS sudah diatur oleh aturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah, Siti bukaromah kepala sekolah SDN 1 Sido Mukti Nampak tidak transparan saat dipertanyakan tentang dana (BOS) dan  dana( FIP).



Mirisnya lagi untuk sampul Rapot saja menarik dana paguyupan sebesar 15000 /siswa dan untuk mengecat sekolah gunakan dana paguyupan Kelas. Kata kepala sekolah kepada wali murid Silahkan berkreasi supaya anak anak. bisa lebih nyaman  ujar sang kepala sekolah.


Padahal sekolah bukan sekedar tempat bermain anak anak, sekolah itu tempat tumbuh kembang anak, dan dimana disekolah itu peserta didik dapat menimba ilmu dan belajar. Sekolah bukan hanya memberikan nilai akademik saja kepada siswa. Namun sekolah juga harus menanamkan sikap jujur disiplin serta tanggung jawab.


SDN 1 Sido Mukti yang jumlah siswanya dua seratus dua Lima puluh orang, Menurut keterangan kepala sekolah bahwa dana bos tidak cukup dikarenakan untuk gaji guru honor 7 orang.Yang dalam keterangannya.


Saat ditanya sistem informasi pengadaan sekolah (SIPLah) kepala sekolah juga menjawab bahwa sekolah nya sudah belanja melalui SIPLah namun sangat di sayangkan kepala sekolah juga tidak dapat menunjukan bukti belanjanya.


Mengacu pada undang-undang nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik (KIP) maka sekolah wajib memberikan informasi yang secara terang benerang agar dapat di ketahui publik.


Pada kenyataan di sekolah yang di Pimpin oleh Kepala Sekolah SITI BUKAROMAH ini tidak ada papan informasi tentang penggunaan dana BOS dan juga terkesan tidak transparan dalam memberikan informasi tentang sekolahnya. Bahkan kepala sekolah mengatakan dana bos yang ada gak cukup. Ujar sang Kepala Sekolah kepada Awak Media. 


Reporter : Herwansyah / Tim

Editor Publisher : Tiah

Pembaca :
{[['']]}
Lanjut
Selanjutnya
Selanjutnya
Berita Lain
Tidak ada komentar:
Write komentar

Peristiwa

© 2008 Kabar-Investigasi.com. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.