Selasa, 14 Desember 2021

Wacana pembagian Dana Desa/Nagari langsung jorong-jorong yang ada Nagari

    12/14/2021   No comments

 


SUMATERA BARAT - Wacana pembagian dana desa / Nagari ke jorong dinilai lebih baik dibandingkan pembagian dana desa ke nagari.


Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumbar Amasrul, menanggapi wacana Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar untuk tidak lagi memberikan dana desa ke nagari,katanya pada Haluan Padang, melainkan ke jorong.


"Menteri akan mencoba regulasi yang menetapkan anggaran berbasiskan jorong, bukan lagi berbasis desa/nagari,"ucapnya pada awak media Senin(13/12-2021) Ia mendukung wacana tersebut.


Soalnya, beberapa nagari di Sumbar sangat luas, sehingga dikhawatirkan apabila dana disalurkan ke nagari, jorong mendapat sedikit bagian. Sehingga, diharapkan dana langsung dibagikan ke jorong.


"Kalau dana dihitung perjorong, mungkin akan lebih baik.Jorong yang ada di nagari bisa mendapatkan dana lebih," lanjut mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang tersebut.


Sebelumnya, Mendes PDTT menyampaikan wacana pembagian dana desa ke jorong saat melakukan kunjungan kerja ke Sumbar, Sabtu (11/12) 


Memutuskan pembagian dana desa ke Jorong, Abdul Halim mengaku pihaknya sudah mempertimbangkan beberapa kajian alternatif, termasuk mengubah Jorong menjadi setingkat dengan desa sesuai dengan UU.


Namun hal demikian, terbentur banyak aturan dan perubahan struktur pemerintahan yang harus dilakukan.


Kemendes PDTT juga mempertimbangkan opsi pemekaran nagari. Namun, juga sulit dilakukan karena banyak perangkat yang harus disiapkan, ditambah dengan kondisi saat ini masih dalam moratorium.


“Tetapi tidak jadi dilakukan karena sangat rumit. Karena itu kita cari solusi lain dan formulasinya sedang kita diskusikan,” ucapnya lagi. (Kris/Tim)


Editor Publisher : Ardi Z

Pembaca :
{[['']]}
Lanjut
Selanjutnya
Selanjutnya
Berita Lain
Tidak ada komentar:
Write komentar

Peristiwa

© 2008 Kabar-Investigasi.com. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.