Jumat, 18 Februari 2022

DIDUGA DESA LEMBUNG TIMUR BERDIRI KELOMPOK TANI SILUMAN

    2/18/2022   No comments



SUMENEP - Kelompok Tani  merupakan kelompok masyarakat petani, dengan adanya kelompok tani ini bertujuan untuk mempermudah bagi para petani untuk nendapatkan bantuan subsidi dari pemerintah, diantaranya Pupuk, bibit benih dan lain sebagainya. 


Masyarakat pada umumnya yang ingin mendapatkan jatah pupuk harus melalui kelompok tani tersebut, untuk mendaftarkan satu kelompok tani ini ada beberapa persyaratan-persyaratan yang harus dilengkapi agar kelompok tani mendapatkan Legalitas/Sertifikat dari Dinas Pertanian setempat salah satunya harus melalui verifikasi, jika tanpa verifikasi terlebih dahulu suatu kelompok tani tidak akan mendapatkan sertifikat. 


Tapi apa jadinya, jika ada kelompok tani yang belum ikut verifikasi langsung mendapatkan sertifikat, dan anehnya lagi keberadaan kelompok tani tersebut pihak desa tidak tahu bahwa didesanya tersebut ada kelompok tani baru. 


Kejadian ini terjadi didesa lembung timur Kecamatan lenteng kabupaten Sumenep. 

Menurut Kepala Desa lembung timur saat ditemui dikantor balai desa menyampaikan bahwa adanya kelompok tani " SUMBER JAYA " ini pihak desa tidak tahu, apa lagi  keanggotaan kelompok tani "SUMBER JAYA" tersebut mengambil dari kelompok tani yang udah ada sebelumnya, diantaranya kelompok tani Al- Azhar dan kelompok tani Darussalam. 


Saya mohon maaf, saya betul-betul tidak tahu kalau didesa saya ada kelompok tani "Sumber Jaya"

kalau memang kelompok tani sumber jaya ini ada, seharusnya saya tahu dan itupun saya baru tahu dari teman-teman media karena mempertanyakan keberadaannya kepada saya, "ungkapnya


Menurut salah satu narasumber yang membenarkan bahwa kelompok tani "Sumber Jaya" ini sudah berdiri dan mempunyai sertifikat tanpa ikut verifikasi terlebih dahulu dan diduga ada permainan antara Gapoktan yang sudah diberhentikan sama PPL Pertanian yang lama dan informasinya sekarang sudah dipindah tugaskan ke kecamatan lain. 


"yang saya herankan kok bisa suatu kelompok tani bisa punya sertifikat tanpa Ikut verifikasi dulu dan daftar anggotanya sama dengan anggota  kelompok tani yang lainnya, 


Kalau memang dengan cara begitu bisa mendapatkan sertifikat semua petani pasti akan bikin kelompok tani, "ungkapnya. 

 

Sampai berita ini di rilis belum ada kejelasan terkait hal ini dikarenakan  Pihak Poktan lama Dan PPL Sulit untuk di temui. 

( YOPI / TIYAH )

Pembaca :
{[['']]}
Lanjut
Selanjutnya
Selanjutnya
Berita Lain
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 Kabar-Investigasi.com. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.