Rabu, 09 Februari 2022

MEMBLUDAKNYA PESERTA VAKSINASI, NAKES TELAGA BIRU KEWALAHAN

    2/09/2022   No comments


GORONTALO - Pelaksanaan Gebyar Vaksinasi Masal yang di prakarsai langsung oleh pemerintah kecamatan melalui Puskesmas Telaga Biru (Rabu, 09/02/22), memperoleh respon yang positif dari masyarakat dengan membuladaknya peserta vaksinasi yang antusias mengikuti kegiatan tersebut.


Turut serta pula dalam kegiatan vaksinasi personil satuan Intelkam Polres Gorontalo, dengan menyumbangkan kurang lebih 50 masyarakat Telaga Biru yang secara sukarela bersedia untuk di vaksin sebagaimana pemantauan awak media dilapangan.




Kerena membludaknya peserta yang mengikuti kegiatan vaksinasi, terjadi sebuah insiden kecil yang sempat membuat beberapa masyarakat kecewa dengan adanya palayanan yang dilakukan oleh pelaksana vaksinasi itu sendiri, sebagaimana yang di ungkapkan oleh salah seorang masyarakat yang enggan disebutkan namanya.


"Saya sedikit kecewa dengan pelayanan yang di berikan hari ini. Karna saya sudah dari jam 9 ada disini tapi sampai saat ini (13.23 WITA_read) saya belum divaksin. Untung saja bapak-bapak dari Intel ini sabar dalam mendampingi saya. Kalau bukan mereka saya mungkin sudah pulang karena saya kecewa".


Pernyataan yang sama di lontarkan pula oleh seorang masyarakat yang mendampingi anaknya untuk divaksin. Beliau (Orang Tua Siswa_read) yang juga enggan menyebutkan namanya merasa di kecewakan hanya karena lembaran blangko info konsen yang dikembalikan.


"Tadi juga lembaran info konsen saya di kembalikan padahal kesalahannya hanya dalam penulisan NIK yang tidak sempat di tulis. Kekecewaan saya bukan karna apa, tetapi kalau hanya sekedar nama dan NIK, menurut saya nakes bisa bersedia menuliskannya, bukan malah di kembalikan. Dan karna hal itu, saya harus antri lagi dan akibatnya sampe jam 1 lewat siang ini anak saya belum di vaksin, padahal saya tadi datang jam setengah 10 pagi".


Menanggapi kekecewaan masyarakat, Kepala Puskesmas Telaga Biru ibu Emsthiwaty T. Hiola S.ST, ketika di klarifikasi menyampaikan bahwa pihak mereka telah memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat.


"Kami (panitia_read) telah berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan yang terbaik kepada masyarakat. Pada intinya tadi itu kan tatap harus melalui pendaftaran. Walaupun mereka (peserta vaksinasi_read) datang lebih awal namun tidak melalui meja pendaftaran maka lembar screening yang akan masuk lebih dulu adalah mereka yang telah mendaftar lebih dulu. Sehingga kami tidak bisa memprioritaskan mereka yang belum masuk meja pendaftaran".


Disinggung tentang pelayanan yang telah di laksanakan, Emsthiwaty mengungkapkan bahwa mereka (panitia_read) telah bekerja sesuai protap.


"Kami sudah mengatur sedemikian rupa posisi-posisi meja pelayanan sesuai dengan tupoksi dari masing-masing petugas. Hanya saja, namanya pelayanan masal seperti ini, mungkin diantara masyarakat yang datang maunya dilayani lebih awal. Namun kamipun tidak bisa memposisikan kondisi seperti itu, kami akan tetap bekerja profesional, siapa yang registernya atau screeningnya lebih dulu masuk, screening itu yang akan kami layani pertama, dan kami tidak mungkin akan mengacak apa (antrian_read) yang sudah tersusun".


"Terakhir, untuk yang dikembalikan tadi (lembar info konsen_read) sebenarnya bukan dikembalikan, tapi menurut teman-teman ada format screening yang tidak punya NIK baik di lembar kartu vaksin maupun di lembar screeningnya. Disisi lain, petugas yang sudah siap untuk melaksanakan tugas tidak mungkin lagi mengutak atik KK ataupun NIK yang dibawa oleh yang bersangkutan. Dan ujung-unjungnya mereka (peserta_read) tidak membawa Kartu Keluarga" imbuh Emsthiwaty menambahkan.


Disisi lain, Camat Telaga Biru Muchtar Potutu menanggapi keluhan masyarakat peserta vaksinasi dengan berjanji akan memperbaiki pelayanan vaksinasi nanti kedepan.


"Saya bersyukur dengan membludaknya peserta vaksinasi hari ini menunjukkan tingkat antusias masyarakat Telaga Biru sangat tinggi. Namun karena keterbatasan tenaga kesehatan yang melayani masyarakat peserta vaksin, sedikit membuat mereka (nakes_read) kewalahan. Tapi, hal ini menjadi pelajaran berharga bagi kami dan kedepan kami akan berusaha keras memberikan pelayanan prima bagi masyarakat".


"Kami akan mencarikan solusi tepat untuk mengimbangi banyaknya masyarakat yang antusias mengikuti kegiatan vaksinasi yang akan dilakukan esok hari. Harapannya kedepan masyarakat tidak berkecil hati dan masih bersedia membantu kami dalam mensukseskan program vaksinasi di Kabupaten Gorontalo khususnya wilayah kecamatan Telaga Biru" tambah Muchtar sambil tersenyum penuh harap.

(HaNs / Tim)

Pembaca :
{[['']]}
Lanjut
Selanjutnya
Selanjutnya
Berita Lain
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 Kabar-Investigasi.com. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.