Jumat, 25 Maret 2022

BANCAAN DAN MANAQIBAN RUTIN DI SITUS MBAH NDORO BALUN

    3/25/2022   No comments

 



BLORA - Bancaan dan Manaqiban Rutin di Situs Makam Mbah Ndoro Balun setiap hari Kamis Wage dan Malam Jum'at Kliwon pada 24/3/2022.


Bertempat di Pendopo Areal Makam Mbah Ndoro Balun yang beralamat di Kelurahan Balun Kecamatan Cepu Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Indonesia.



Juru Kunci Situs Makam Mbah Ndoro Balun/Pangeran Anom/Penjaringan/Kyai Mbalun Bin Sultan Hadiwijoyo, Mbah Yono mengatakan, "Kegiatan itu sudah turun temurun ada, saat ini saya hanya meneruskan saja, apa yang sudah ada dari orang tua saya, memang, untuk Manaqiban saat ini, sebelum saya menjadi Juru Kunci, sempat berhenti, Alhamdulillah, di bantu oleh Mas Suryono, mengenalkan seorang Kyai dari Desa Nglanjuk Cepu, Pak Sahli namanya, Rutinan Manaqiban Syech Abdul Qodir Al Jaelani dapat di laksanakan lagi, selama 3 malam Jum'at Kliwon bersama beliau, karena beliau saat itu juga ada rutinan di tempatnya, sejak saat itu sampai saat ini diteruskan oleh H. Yudi dari Balun. Sedangkan untuk Bancaan Rutin di sini, beda pada umumnya, mungkin ditempat lain satu tahun sekali, tetapi bila di sini satu bulan sekali. Untuk 1 tahun sekali juga ada, yaitu Jamasan Pusaka Tunduh Rambat, tepatnya malam 1 muharram/suro, yang dilaksanakan setelah acara Yasin dan Tahlil serta Pengajian. Alhamdulillah manaqiban kali ini, jamaahnya bertambah". Ungkapnya.




Menurut Suryono, yang merupakan Ketua Pasukan Adat Nusantara Indonesia (PANI) DPD I Provinsi Jawa Tengah yang juga sebagai Panglima LMA Kesultanan Cirebon Kabupaten Blora, mengatakan, "Terima kasih kepada rekan rekan wartawan, Kepala Biro Blora PANI News : Budiyono, Koordinator Liputan PANI News Kecamatan Banjarejo : Siti Nuriah, dan Koordinator Liputan PANI News Kecamatan Randublatung : Suparmin dari Media On Line paninews.com yang telah hadir melihat rutinan pada sore hari tadi, dan mudah mudahan dapat ikut melestarikan kearifan lokal daerahnya, khususnya tempat - tempat bersejarah". Ungkapnya.


( Gunawan )

Pembaca :
{[['']]}
Lanjut
Selanjutnya
Selanjutnya
Berita Lain
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 Kabar-Investigasi.com. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.