Rabu, 02 Maret 2022

DD KERAP SEKALI DIJADIKAN OKNUM KEPALA DESA UNTUK MELAKUKAN TINDAKAN YANG MEMPERKAYA DIRI SENDIRI

    3/02/2022   No comments


 LAMPUNG UTARA - Upaya pemerintah pusat hingga daerah, dalam memberikan pelayanan terbaik, bagi masyarakat pedesaan. Berbagai program diluncurkan untuk memberikan kesejahteraan diberbagai sektor.


Seperti halnya, Dana Desa (DD) yang telah dianggarkan dengan jumlah alokasi dana yang sangat fantastik. Yakni mencapai Milyaran rupiah. Sebagai landasan penyaluran DD itu, tertuang dalam UU Nomor 6 tahun 2014 tentang desa.


Namun sayangnya, DD itu kerap sekali dijadikan oknum untuk melakukan tindakan yang memperkaya diri sendiri. Dengan berbagai modus dilakukan oleh oknum tersebut.


Mulai dari korupsi, kolusi hingga nepotisme (KKN). Contoh nya saja di Desa Bindu Kecamatan Abung Kunang.


Dari hasil investigasi awak media yang tergabung dalam organisasi Dewan Pimpinan Cabang Persatuan Pewarta Warga Indonesia (DPC. PPWI) Lampung Utara, Selasa 01/03/2022.


Dari data yang dihimpun wartawan, ditemui beberapa item kegiatan yang diduga fiktif, Seperti contohnya. Pembangunan rehabilitasi peningkatan gedung prasarana kantor desa, rehabilitasi/Peningkatan halaman dan area parkir kantor pada tahun 2020 lalu, dengan pagu anggaran sebesar Rp.121.116.000. Disinyalir tidak teralokasi oleh pihak desa tersebut.


Begitu pula, dengan pembangunan reahabilitasi peningkatan pengawasan sarana prasarana alat peraga edukatif APE/paud TK/TPA/TKA/TPQ/Madrasah non pormal milik desa.


Gedung/pembangunan PAUD/TK/ TPA/TKA/TPQ milik desa pada tahun 2020, dengan pagu Rp.181.521.500. diduga dana telah di Mark up oleh pihak desa.


Operasional PAUD/ TK/TPA/TKA/TPQ/Madrasah non formal milik desa Rp.15.626.000. sedangkan paud itu, sejak berdirinya bangunan belum melaksanakan kegiatan belajar mengajar.


Ketika ditemui dibalai desa, segenap aparatur desa tidak ada ditempat.


Hingga berita ini dilansir Kepala Desa (Kades) Muhamad Annas tidak bisa ditemukan, sementara Sekretaris desa yang juga mantu dari Kades Bindu. Tidak ada ditempat.


Dari keterangan masyarakat setempat yang enggan disebutkan namanya, mengatakan, Bendahara desa bernama Sofia yang merupakan Anak kandung Kades tersebut.

(Candra)

Pembaca :
{[['']]}
Lanjut
Selanjutnya
Selanjutnya
Berita Lain
Tidak ada komentar:
Write komentar

Ucapan Hari 17 Agustus 2022

© 2008 Kabar-Investigasi.com. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.