Selasa, 15 Maret 2022

LUAPKAN KEKECEWAANNYA PARA PENAMBANG SUWAWA LAKUKAN UNRAS, TAUFIK : KAMI SIAP BERJUANG DEMI HAJAT HIDUP

    3/15/2022   No comments

 


GORONTALO - Sebagai bentuk kekecewaan para penambang di wilayah tambang Suwawa Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo atas ketidakpastian hidup mereka menggelar aksi unjuk rasa di kantor Kantor Bupati Bone Bolango dan DPRD Provinsi Gorontalo (Senin, 14/03/2022).



Dalam tuntunnya masa aksi meminta agar pihak luar tidak melakukan intervensi terhadap pertambangan rakyat Suwawa, meminta Forkopimda Bone Bolango dan Provinsi Gorontalo tidak mengekang aktivitas pertambangan rakyat Suwawa dan meminta PT. Gorontalo Mineral memberiksn ruang bagi masyarakat Suwawa dalam mengelola kekayaan alam/pertambangan Suwawa, serta meminta Kapolda Gorontalo tidak mengatasnamakan penertiban terhadap aktivitas pertambangan rakyat Suwawa untuk menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban. 


Ribuan masa aksi yang sebelumnya mendatangi Kantor Bupati Bone Bolango beranjak menuju gedung DPRD Provinsi Gorontalo setelah Bupati Bone Bolango Hamim Pou menerima aspirasi mereka (Penambang_Read) dan akan berupaya memperjuangkan aspirasi mereka dengan mendorong hadirnya Wilayah Pertambangan Rakyat (WPR) serta akan meneruskan seluruh aspirasi mereka ke Pemerintah lebih tinggi, yaitu Pemerintah Provinsi maupun Kementrian ESDM atau Pemerintah Pusat. 



Saat mendatangi gedung DPRD Provinsi Gorontalo, ribuan masa aksi itupun diterima langsung oleh Ketua Dewan Provinsi bersama Gubernur Gorontalo Rusli Habibi dan para anggota Dewan lainnya dengan mempersilahkan sepuluh keterwakilan masa aksi untuk masuk ke ruang sidang yang saat itu bertepatan dengan Rapat Paripurna yang sedang berlangsung. 


Dalam proses penyampaian aspirasi di ruang sidang, terjadi sebuah insiden kecil yang mengakibatkan kaca salah satu pintu gedung pecah sehingga proses penyampaian tanggapan atas aspirasi masa aksipun di lakukan langsung oleh Ketua Dewan Provinsi Gorontalo Paris Jusuf dihadapan seluruh masa aksi di luar gedung DPRD dan menjanjikan akan mengupayakan lahirnya WPR di wilayah Pertambangan Suwawa dan akan secepatnya akan melakukan pertemuan dengan pihak Forkopimda khusus membicarakan apa yang menjadi tuntutan masyarakat dalam tenggat waktu 3 x 24 Jam. 



Di tempat lain, Koordinator Aksi Taufik Ramdani Seban, saat di temui di kediamannya mengungkapkan pihaknya akan senantiasa memperjuangkan hajat hidup penambang Suwawa. 


"Kami akan terus memperjuangkan aspirasi para penambang, sebab ini berhubungan dengan hajat hidup mereka. Kalau tidak menambang lantas mereka makan dari mana?"


"Kami optimis tuntutan kami akan di penuhi dan kegiatan pertambangan akan tetap kami lakukan demi hajat hidup kami masyarakat penambang. Dan kami berharap pemerintah dapat mencarikan solusi buat kami dan bisa menepati janji mereka dalam tempo 3 x 24 Jam yang yang telah disepakati. Sebab jika tidak, kami akan datang lagi dengan masa aksi yang lebih banyak lagi dan tidak akan menjamin apa yang akan terjadi kedepan nanti". Ketus Taufik mengakhiri pernyataannya. 


(H.A/Tim)

Pembaca :
{[['']]}
Lanjut
Selanjutnya
Selanjutnya
Berita Lain
Tidak ada komentar:
Write komentar

Ucapan Hari 17 Agustus 2022

© 2008 Kabar-Investigasi.com. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.