Sabtu, 02 April 2022

BERUPAYA MENGHINDARI JERAT HUKUM YANG MENANTINYA, OKNUM KETUA RT BERUPAYA MENYUAP WARTAWAN

    4/02/2022   No comments

 



GUNUNGKIDUL -- Setelah sempat ditahan selama hampir 2 tahun lamanya, akhirnya uang BLT ( Bantuan Langsung Tunai ) dikembalikan oleh SPR (51) seorang  Oknum Ketua RT Padukuhan Singkar I, Kalurahan Wareng, Kapanewon Wonosari, Kamis ( 24/03/2022 ) kepada sejumlah KPM ( Keluarga Penerima Manfaat ) yang sempat dipotong dengan dalih untuk digunakan sebagai kekayaan kas RT wilayah tersebut.


Hal ini disampaikan oleh Kepala Dukuh Singkar I, Yohari kepada Media kabar investigasi.com setelah melakukan pendampingan bersama Ketua RW dalam mengembalikan uang dengan jumlah Rp 1.600.000,00 kepada warga.


" Saya bersama Ketua RW melakukan upaya pendampingan terhadap Ketua RT tersebut untuk mengembalikan hak warga yaitu uang BLT DD yang terdapat adanya indikasi pemotongan yang dilakukan oleh beliau ", terang Yohari, Sabtu ( 02/04/2022 ).


Proses pengembalian tersebut akhirnya dilakukan setelah sejumlah warga menyerukan jika penyimpangan yang dilakukan oleh oknum tersebut tidak didasari dengan kesepakatan sebagaimana yang disampaikan oleh oknum Ketua RT kepada awak media beberapa hari yang lalu.


" Saya selaku Kepala Dukuh menyayangkan atas perihal semacam ini, tanpa adanya koordinasi terlebih dahulu akhirnya permasalahan yang sempat mengendap ini muncul kembali ke permukaan", tukas Yohari.


Sementara itu, Suparno yang dikonfirmasi melalui telepon menjelaskan bahwa dana tersebut telah dikebalikan seluruhnya kepada warga, dirinya mengakui perbuatan tersebut tidak dibenarkan bahkan dirinya pernah dipanggil ke kantor Kalurahan Wareng setelah pemerintah Kalurahan mendapatkan informasi pemotongan bantuan kepada warganya untuk segera dihentikan.Saat dikonfirmasi langsung ke rumahnya, Suparno berusaha menyuap media supaya tidak ada lagi pemberitaan mengenai dirinya.


"Pak lurah ( Bambang Sukoco ) waktu itu hanya menegur untuk dihentikan pemotongan ini, namun tidak mengarahkan untuk mengembalikan, dan saya mohon kerjasama media untuk tidak memberitakan tentang hal tersebut, sampean kesini kan pake bensin, nanti saya kasih sejumlah uang sebagai pengganti bensin ," ujar Suparno.


Seperti yang diberitakan sebelumnya, warga salah satu Rt di Padukuhan Singkar I sempat dibuat gerah dengan sikap Ketua Rt nya, salah satunya adalah dengan dalih hasil kesepakatan dan untuk kegunaan kekayaan kas RT, Warga yang mendapat bantuan sosial berupa BLT DD dan BST terpaksa harus menyisihkan sebagian uang yang diterimanya kepada pengurus Rt. Bahkan Oknum Ketua RT tersebut sembari melontarkan pernyataan bernada intimidasi kepada para KPM agar mau mentaati arahan yang dikeluarkannya.


" Ya itu,,,sempat akan dibelikan kambing, namun karena warga tidak ada yang mau melihara, akhirnya uang hasil pemotongan bantuan tersebut beku dan dipegang oleh ketua Rt kami tanpa adanya kejelasan akan dipakai untuk apa tadinya ", jelas Tukijo ( bukan nama sebenarnya ).


Suparno dikenal warga sering mengambil keputusan yang dianggap kontroversi oleh masyarakat termasuk salah satunya berencana memotong lagi BLT yang dikucurkan oleh pemerintah kalurahan Wareng kepada warganya sebesar Rp 50 ribu.

( Setiawan )

Pembaca :
{[['']]}
Lanjut
Selanjutnya
Selanjutnya
Berita Lain
Tidak ada komentar:
Write komentar

Ucapan Hari 17 Agustus 2022

© 2008 Kabar-Investigasi.com. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.