Selasa, 19 April 2022

IKATAN SANTRI DARUL IMAN AL-HAKAMY (IKSADA) PERINGATI NUZULUL QUR'AN DENGAN KHATMIL QUR'AN DAN BUKA BERSAMA PENGASUH PONPES DARUL IMAN

    4/19/2022   No comments

 



SAMPANG – Ikatan Santri Darul Iman Al-Hakamy (IKSADA) Memperingati Nuzulul Qur`an dengan mengadakan acara Khatmil Qur`an bersama seluruh anggotanya di masjid Baitur Rahmah Desa Bunten Timur Kecamatan Ketapang Kabupaten Sampang pada hari Senin 18/4/22 sore.


Acara ini dibungkus juga dengan buka puasa bersama dengan Pimpinan sekaligus Pengasuh Darul Iman Al-Hakamy, yang Mulia KH.Hakam Ali beserta Raden Moh.Sakban selaku keluarga besar ponpes Darul Iman.


IKSADA yang diketuai langsung oleh Al-Ustadz saiful bahri ini, mengemas acaranya dengan pertama-tama khatmil qur`an yang dibaca secara bersama-sama dengan memakai Al-Qur`an Khusus untuk khataman, tampak yang membaca pertama kali adalah Ustadz Yazid dengan memakai pengeras suara TOA, kemudian secara bergiliran di ikuti oleh anggota-anggota yang lain, tentunya di dahului dengan pembacaan fatihah khususiyah untuk semua pendahulu nenek moyang dan semua muslimin-muslimat.


Setelah acara khatmil qur`an kemudian dilanjutkan dengan mauidhoh hasanah yang dipimpin langsung oleh pengasuh ponpes Darul Iman, KH.Hakam Ali, dalam cermahanya beliau menjelaskan tentang keistimewaan-keistimewaan yang dimiliki oleh Al-Qur`an, sebagai kitab suci umat islam dan mukjizat ter-agung nabi Muhammad SAW.


Beliau mengatakan jika Al-Qur`an diturunkan kepada baginda nabi secara bertahap, bahkan bisa dikatakan ada lima macam jenis turunnya Al-Qur`an kepada nabi Muhammad SAW, yakni yang pertama Malaikat Jibril menurunkannya dengan cara yang tidak biasa yakni dengan menyerupai suara “jarosy” (suara Bell) yang sangat tidak bisa difahami dengan logika manusia biasa, namun nabi kita Muhammad SAW lambat laut dapat memahaminya dengan sempurna bahkan dapat menghafalnya.


Kemudian masih menurut KH.Hakam Ali, Al-Qur`an juga diturunkan oleh malaikat jibril a.s dengan cara beliau mengetuk langsung hati baginda rasulullah saw, selanjutnya ada pula dikala rasulullah suatu saat pernah duduk-duduk lesehan bersama-sama sahabatnya, tiba-tiba beliau memejamkan matanya dan tersenyum, sahabat bingung dengan kejadian tersebut dan merekapun bertanya-tanya ada gerangan apakah sehingga nabi tersenyum? Nabi langsung menjawabnya dengan mengatakan jika wahyu dari malaikat jibril telah diturunkan kepada beliau, seraya beliau membaca surat Al-Kautsar


Dan masih banyak lagi jenis-jenis turunnya Al-Qur`an Kalamullah ini, beliau kiai hakam juga mengisahkan awal mula Rasulullah akan diangkat sebagai rasul, tampak semua makhluk di muka bumi ini memberikan Salam (sapaan) kepada beliau, mulai dari Gunung,Pepohonan,hingga bebatuan dan rerumputan semuanya memberikan salam kepada Nabi Muhammad SAW.


Peristiwa turunnya al-qur`an ini terjadi sekitar tahun 40 dari tahun gajah, saat nabi genap berumur 40 tahun atau 41 tahun, bersamaan dengan tahun itu tanggal 17 bulan Ramadhan. Maka sejak saat itulah umat islam memperingatinya dengan peringatan Nuzulul Qur`an hinggat saat ini dengan tujuan memperingati turunnya Al-Qur`an yang agung kepada umat manusia.


Mengutip firman Allah swt didalam al-qur`an Surat Al-Hasyr ayat 21-24, saking agungnya Al-Qur`an bahkan saat Allah swt ini akan memberikannya kepada Gunung, Gunung bilang tidak mampu mengembannya, Allah swt berkata kepada Laut, Lautpun menjawab tidak mampu mengembannya, Allah swt berkata kepada Langit, langitpun enggan untuk mengampunya, Akhirnya Allah swt berikan kepada umat manusia, melalui nabi besar Muhammad SAW, sebagai petunjuk dan tuntunan hidup untuk semua insan hingga hari kiamat kelak.


Reporter :  TIYA

Pembaca :
{[['']]}
Lanjut
Selanjutnya
Selanjutnya
Berita Lain
Tidak ada komentar:
Write komentar

Ucapan Hari 17 Agustus 2022

© 2008 Kabar-Investigasi.com. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.