Kamis, 14 April 2022

KABUPATEN BLITAR DAPAT HIBAH INFRASTRUKTUR DARI KEMENTRIAN PUPR UNTUK PERBAIKAN 14 RUAS JALAN SEBESAR RP 229,5 MILIAR

    4/14/2022   No comments

 



BLITAR - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar mendapatkan hibah infrastruktur jalan dari pemerintah pusat, melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sebesar Rp 229,5 miliar.


Disampaikan Kepala Bappeda Kabupaten Blitar, Jumali, SPd.MAP kesepakatan hibah infrastruktur tersebut ditandatangani langsung oleh Bupati Blitar, Hj Rini Syarifah dengan Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR, M Zaenal Fatah di Gedung BSDM, Jakarta hari ini. “Nilainya Rp 229,5 miliar, digunakan untuk perbaikan dan peningkatan jalan,” ujar Jumali, Kamis (14/4/2022).


Diungkapkan Jumali ikut menyaksikan penandatanganan tersebut, Wakil Bupati (Wabup) Blitar, H Rahmat Santoso, SH.MH, Kepala BPKAD, Kurdiyanto, SE.MM dan perwakilan dari Tim Percepatan Pembangunan dan Inovasi Daerah (TP2ID).



Lebih lanjut Jumali menjelaskan hibah infrastruktur tersebut merupakan salah satu program pemerintah pusat, solusi masalah infrastruktur karena adanya keterbatasan kemampuan keuangan daerah. “Sehingga tidak bisa mencukupi seluruh kebutuhan infrastruktur, diantaranya untuk perawatan dan perbaikan jalan,” jelasnya.


Penggunaan hibah infrastruktur ini, daerah hanya menerima manfaat saja. Sedangkan pelaksanaannya, mulai dari perencanaan seluruhnya dilakukan oleh Kementerian PUPR. “Realisasinya akan digunakan untuk perbaikan dan peningkatan 14 ruas jalan,” terang Jumali.


Adapun 14 ruas jalan tersebut yaitu :


Sumberejo – Dawuhan

Kademangan – Dawuhan

Sumberejo-Suruwadang

Suruwadang-Lorejo

Kaligrenjeng-Tambakrejo

Pasiraman-Kaligrenjeng

Lorejo-Pasiraman

Kedawung-Sumberasri

Kedawung-Penataran

Brongkos-Ngembul

Ngembul -Rejoso

Rejoso-Binangun

Binangun-Mojorejo

Mojorejo-Ringinrejo


Sementara itu Bupati Blitar, Rini Syarifah mengatakan bantuan hibah infrastuktur jalan sebesar Rp 229,5 miliar ini merupakan tahap pertama, masih akan ada tahap berikutnya. “Dimana masih ada hibah tahap kedua sebesar Rp 225 miliar, berupa Sistem Penyedian Air Minum (SPAM),” kata Bupati Blitar perempuan pertama ini.



Wabup Blitar, Rahmat Santoso menuturkan kalau didapatkannya hibah infrastruktur ini, merupakan salah satu bukti hasil kerja nyata Bupati dan Wabup Blitar. “Serta wujud komitmen Pemkab Blitar, dalam upaya memenuhi janji politik untuk memperbaiki infrastruktur jalan yang banyak dikeluhkan masyarakat,” tutur orang nomor dua di Kabupaten Blitar ini.


Ditambahkan Wabup Rahmat, selama ini Pemkab Blitar terus berupaya melakukan inovasi memenuhi kebutuhan anggaran pembangunan yang menjadi prioritas. “Baik ke pemprov maupun pusat, termasuk memanfaatkan program pendukung pembangunan daerah untuk mewujudkan kemajuan dan kesejahtaraan warga Kabupaten Blitar,” imbuhnya. 


Reporter :  Mail

Pembaca :
{[['']]}
Lanjut
Selanjutnya
Selanjutnya
Berita Lain
Tidak ada komentar:
Write komentar

Ucapan Hari 17 Agustus 2022

© 2008 Kabar-Investigasi.com. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.