Kamis, 28 April 2022

PENINGGALAN LIMA MASA PERADABAN DUNIA ADA DI KAPUAN

    4/28/2022   No comments

 



BLORA - Liputan langsung peninggalan 5 masa peradaban dunia, yang ada di Desa Kapuan Kecamatan Cepu Kabupaten Blora Provinsi Jawa Tengah pada 27/4/2022.


Sekitar pukul 21.00, tim media, berkunjung ke rumah salah satu warga Kapuan yang berdomisili di Rt. 004 Rw. 002 Desa Kapuan, Joko Purnomo, namanya.




Joko Purnomo, kepada tim mengatakan, "Disini (Desa Kapuan) masih ada peninggalan dari 5 peradaban atau periode, seperti di negara lain juga ada, yang diantaranya :

1. Periode Pra Sejarah

2. Periode Klasik Hindu Budha

3. Periode Kerajaan

4. Periode Penyebaran Islam

5. Periode Kolonial


Yang pertama, adalah periode Pra Sejarah, dimana di Desa Kapuan pada tahun 2019 telah ditemukan fosil purbakala yang berbentuk tulang gajah, yang kemudian langsung di observasi oleh tim dari BPSMP (balai pelestari situs manusia purba) Sangiran.


Kemudian yang kedua, sebelum itu, saya juga menemukan peninggalan periode Klasik Hindu Budha, berupa alat perkakas dan alat tukar di saat itu.


Sedangkan yang ketiga, pada saat membangun pagar kebun, saya menemukan peninggalan periode Kerajaan yang berbentuk Keris dan Pusaka Sejenisnya.


Memasuki peninggalan yang keempat adalah Periode Penyebaran Agama Islam yang dilakukan oleh Mbah Yai Hasan Umar dan Mbah Yai Maksum, dengan kitab-kitabnya yang digunakan saat itu.


Sedangkan yang kelima, Periode Kolonial, dengan masih adanya Stasiun Kapuan dan Kilang Minyak yang saat itu dibuat oleh Nederlandche Koloniale Petrolium Maatschappij (NKPM) dan masih ada hingga saat ini". Ungkapnya.


Ketua Pasukan Adat Nusantara Indonesia (PANI) DPD I Provinsi Jawa Tengah, Suryono, yang saat itu ikut berkunjung, dan memegang salah satu benda mirip seperti golok, mengatakan, "Ini mirip seperti pusaka yang digunakan oleh tokoh ponokawan ya kang". Tanyanya.


Joko Purnomo langsung menjawab, "Iya betul, memang seperti pusaka yang dibawa oleh tokoh wayang ponokawan, dan memang ada senjata seperti itu, ketika memasuki periode Kerajaan, berubah bentuk menjadi Keris dan lain sebagainya". Jawabnya.


Joko Purnomo juga menambahkan, "Semua peninggalan tersebut juga didapat dari kesadaran warga sekitar, yang di kumpulkan mulai dari tahun 2018 sampai sekarang.


Sedangkan alat tukar masa klasik, di temukan di sekitar areal persawahan kilet Desa Kapuan.


Dan untuk peninggalan kitab kitab karya Mbah Yai Maksum, masih di simpan dengan baik, di rumah pak Masrup, mudin Balun". Pungkasnya.


REPORTER : TIAH

Pembaca :
{[['']]}
Lanjut
Selanjutnya
Selanjutnya
Berita Lain
Tidak ada komentar:
Write komentar

Ucapan Hari 17 Agustus 2022

© 2008 Kabar-Investigasi.com. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.