Selasa, 31 Mei 2022

KETUA FPB SUMSEL IDHAM RIANOM SSos, MENGATAKAN SIAP MENGELOLA BUKIT SEGUNTANG JIKA PEMPROV SUMSEL MEMBERI KEWENANGAN

    5/31/2022   No comments

 



SUMSEL - Dibangun Menara, di Kawasan Bukit Seguntang, Apabila Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru memberikan mandat, Forum Palembang Bangkit Sumatera Selatan (FPB Sumsel) siap mengelola aset wisata Bukit Seguntang.


Ketua FPB Sumsel Idham Rianom SSos, mengatakan siap mengelola Bukit Seguntang jika Pemprov Sumsel memberi kewenangan bagi pengembangan aset wisata yang bersejarah itu.


"Selama ini, Bukit Seguntang hanya dijadikan ruang bagi acara budaya dan lomba-lomba kesenian saja. Padahal jika difungsikan sesuai kaidah yang tepat, bukit itu mampu dijadikan ruang untuk pemasukan daerah," ujar Idham Rianom kepada media ini, Selasa (31/5/2022).



Bukit Seguntang, kata Idham, merupakan aset wisata yang potensial. Jika dikelola secara profesional, maka situasinya dapat menghadirkan turis-turis dari berbagai negara.


Karena itu, kata Idham, alangkah indahnya apabila.kawasan bukit itu dibangun menara Sriwijaya Siguntang. "Di menara itu harus dilengkapi dengan teropong situasi yang bisa melihat suasana Kota Palembang secara utuh," ujar Idham.


Dari struktur ketinggian tanahnya, lebih tinggi dibanding dataran lainnya yang ada di kota ini. "Karena itu, dari teropong itulah akan bisa kita lihat suasana Kota Palembang," katanya.


Bisa dibayangkan, tambah Idham, Menara Eifel yang hanya terdiri dari rangkaian besi-besi baja itu bisa populer ke seluruh dunia. 


Karena itu dengan segala antusiasnya, Idham akan mengelola Bukit Seguntang aecara profesional. Apabila pemerintah tak memiliki anggaran dalam konteks pembangunannya, FPB Sumsel bakal menggandeng pihak ketiga (investor).



Kawasan bukit itu, tukas Idham, terdapat wilayah yang tak boleh dikelola. Di kawasan itu terdapat makam ratu yang dilarang untuk disentuh pembangunan. "Tapi jalan yang ada perlu ditingkatkan sehingga ketika ada pendatang yang berziarah ke sana akan terasa nyaman," imbuhnya.


Sedangkan di kawasan penyangga, harus dibangun ruang olahraga bagi pengunjung. "Misalnya olahraga bersepeda. Jika kita buka dengan penyediaan pasilitas memadai, pasti akan banyak pendatang yang bakal memanfaatkannya," kata Idham.


Di kawasan pemgembangan, boleh dibangun gedung pementasan. Bagi para pekerja teater bisa berlatih di sana. Bahkan mereka bisa memanfaatkannya sebagai ruang pementasan.


Selain itu, katanya, bisa dibangun kios-kios sebagai tempat berjualan cinderamata khas Palembang. Di sekitar itu akan dibuka para pedagang pempek, serta makanan khas Palembang.


Yang jelas, dibutuhkan instalasi listrik yang memadai, sehingga ketika dipasang lampu jalan yang terang benderang, suasana di kawasan itu tidak memunculkan suasana seram yang menakutkan.


"Jika FPB Sumsel diberi kepercayaan untuk mengembangkan kawasan Bukit Seguntang, kita siap untuk memgembangkannya," ujar Idham menutup perbincangan.


REPORTER : KARMAN

Pembaca :
{[['']]}
Lanjut
Selanjutnya
Selanjutnya
Berita Lain
Tidak ada komentar:
Write komentar

Ucapan Hari 17 Agustus 2022

© 2008 Kabar-Investigasi.com. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.