Rabu, 18 Mei 2022

SALAH SATU PERANGKAT DIDUGA TIDAK MEMENUHI SYARAT BATAS USIA MAKSIMAL, BAHKAN DISINYALIR MEMALSUKAN DOKUMEN

    5/18/2022   No comments

 



SUMENEP - Persoalan pengangkatan Perangkat Desa Badur, Kecamatan Batuputih, Kabupaten Sumenep, terus mencuat ke publik. Pasalnya, dalam proses pencalonan tahapan admistrasi pengangkatan, salah satu perangkat diduga tidak memenuhi syarat batas usia maksimal, bahkan disinyalir memalsu dokumen.


Salah satu calon yang diketahui bernama Adam, yang kini menjadi Perangkat Desa Badur diduga telah melewati batas usia maksimal saat ditetapkan Kades sebagai pembantunya pada, 21 Maret 2022. Bahkan Adam sudah dilantik dan dikukuhkan oleh Kades setempat pada 30 Maret 2022 lalu.


“Kami menduga pemalsuan dokumen ada kongkalikong antara kades dan tim pengangkatan,” kata DY (inisial). Senin, 16 Mei 2022 dikutip dari Suara Madura.


DY menjelaskan, pemilihan dan pengangkatan itu dilaksanakan tanggal 14-21 Maret 2022. Namun sesuai Kartu Tanda Penduduk (KTP) saat pengangkatan kelahirannya timpang alias tidak sesuai KTP.


"Sesuai Kartu Tanda Penduduk (KTP) Adam kelahiran 9 Januari 1978. Jadi pada saat pengangkatan dia sebagai Perangkat Desa Badur, usianya telah memasuki 44 tahun,” ujar DY.


Sedangkan di Surat Keputusan (SK) Kepala Desa Badur tertulis, Adam masih umur 41 tahun kelahiran tahun 1981. Padahal sesuai KTP umurnya 44 tahun, kelahiran 9 Januari 1978.


“Ini jelas sudah ada ketimpangan dan diduga ada pemalsuan data,” jelasnya.


Padahal, kata DY, sesuai perbup dalam Pasal 7 Ayat (2) Peraturan Bupati Sumenep Nomor 8 tahun 2020 tentang Perangkat Desa, batas usia 20 (dua puluh) tahun sampai dengan 42 (empat puluh dua) tahun.


DY juga menyitir, dalam Pasal 6 Ayat (3) Peraturan Bupati Sumenep, menjadi salah satu tugas tim untuk melakukan penyaringan dengan penelitian kelengkapan dan keabsahan administrasi calon Perangkat Desa.


“Hal ini akan kami bawa ke ranah hukum, melaporkan kades dan ketua tim pengakatan karena dalam pengangkatan Perangkat desa dinilai sudah cacat hukum,” tegasnya.


Sementara Kades Badur Atnawi membenarkan bahwa salah satu Perangkat Desa yang bernama Adam kelahirannya tahun 1981.


“Ya benar ada Adam Untuk tahun kelahirannya 1981,” akunya, Selasa, 17 Mei 2022.


Ketika disinggung bahwa sesuai KTP Adam ini kelahiran tahun 1978 dan sudah berusia 44 saat diangkat, Kades Atnawi berdalih akan mengecek terlebih dahulu.


“Saya cek dulu, karena waktu itu kan ada tim pengangkatannya,” jawab Atnawi.


Sementara, ketua Tim Pengangkatan Perangkat Desa Badur Wandi Sudarmono saat dikonfirmasi dan ditanya indikasi melewati batas usia, Wandi tidak bicara banyak dan terkesan menghindar dengan alasan tidak mendengar suara telepon. Bahkan saat dihubungi kembali, tidak ada jawaban dari Wandi. 


(Yopi/RedJava)

Pembaca :
{[['']]}
Lanjut
Selanjutnya
Selanjutnya
Berita Lain
Tidak ada komentar:
Write komentar

Ucapan Hari 17 Agustus 2022

© 2008 Kabar-Investigasi.com. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.