Minggu, 19 Juni 2022

SUDAH JADI TRADISI, DIDUGA PENYELEWENGAN DANA DESA TERJADI DI DESA DATAR

    6/19/2022   No comments

 



SUMSEL - Kecamatan muara dua kabupaten oku selatan. Hasil laporan masyarakat. Infografis dan belanja desa team gabungan media langsung melakukan sosial kontrol ke desa datar kecamatan muara dua. Kabupaten ogan komering ulu selatan dan ternyata benar team gabungan media menemukan banyak kejanggalan. Sumsel 18 juni 2022 dini hari. 


Terutama pada kegiatan pembangunan fisik, Ada pun pembangunan jalan rabat beton yang berada di dusun tiga (3) desa datar kecamatan muara dua kabupaten oku selatan Baru selesai pada awal tahun 2021 dan nyatanya pembangunan tidak bertahan lama. Fisik bangunan sekarang sudah hancur. 


Diduga dalam pengerjan pembangunan banyak kekurangan matreal seperti Kurangnya bahan semen, Kurangnya ketebalan badan jalan, tidak di temukannya prasasti kegiatan, Dan proyek pengerjaan pembangunan diduga asal jadi saja, Kurangnya pungsi pendamping lokal desa. Hingga membuat proyek pembangunan yang menggunakan dana desa (APBN) tidak terjamin mutu dan kualitas bangunan. 



Terlihat dengan jelas kelau pembangunan yang di anggarkan kepala desa datar memang tidak sesuai dengan spek dan RAP yang di tentukan pemerintah. 


Diduga kepala desa desa datar telah memark up dana yang di anggarkan untuk pembangunan rabat beton dusun tiga (3) desa datar. 


Pembangunan jalan rabat beton ini tidak mengutamakan kualitas bengunan melainkan kepala desa diduga mengutamakan mark up untuk memperkaya diri. 


Masyarakat desa datar merasa di bodohi. Dan masyarakat sangat tidak merasa puas atas hasil pembangunan kepala desa, Namun masyarakat tidak bisa berbuat apa apa. 



Saat team gabungan media mewawancarai salah satu warga yang enggan di sebutkan namanya mengatakan, Saya mewakili teman teman warga dusun tiga (3). saya merasa tidak puas atas hasil pembangunan kepala desa kami pak. Karena saya melihat sendiri saat pembanguan jalan rabat beton yang ada di dusun tiga ini pak. 


Pembanguan jalan ini di kerjakan asal jadi saja. pengerjaannya pun terlalu banyak pasir dan batu krokos dari pada semen. Jadi wajar saja kalau jalan rabat beton ini cepat hancur. sedangkan jalan ini tidak di lalui kendaraan roda nempat pak. 


Kami selaku pengguna jalan sangat kecewa atas kinerja kepala desa kami pak. Tolong di kasih teguran pada kepala desa agar dapat membangun yang lebih bagus. karena pemerintah mengucurkan dana desa itu untuk kemakmuran masyarakat bukan untuk pak kades belanja keperluan peribadi. tegasnya. 


Dan saat team gabungan media akan melakukan konfirmasi salah satu warga mengatakan kalau kepala desa tidak ada di rumah. 


Team gabungan media ahirnya memutuskan untuk pulang,  Dan menunda komfirmasi pada kepala desa datar. 


team gabuang media coba cari tau no henpone kepala desa tapi tidak mendapatkan, sehingga sampai di terbitkan berita ini kepala desa tidak bisa di hubungi. 


Diduga kepala desa desa datar telah melanggar UU no 31 tahun 1999 dan atau uu no 20 tahun 2001, tentang tipikor. Dan wajib kepala desa desa datar untuk di peroses lebih lanjut untuk di minta pertanggung jawaban atas dana desa (APBN) tahun 2021.


Team akan mengajukan temuan ini ke dinas yang terkait, Agar dinas tersebut dapat mengecek hasil pembangunan kepala desa datar. Dan team akan melaporkan hasil temuan ini ke aparat penegak hukum (APH). 


REPORTER :  HERI

Pembaca :
{[['']]}
Lanjut
Selanjutnya
Selanjutnya
Berita Lain
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2008 Kabar-Investigasi.com. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.