Jumat, 29 Juli 2022

BALIHO APBDES BADUR 2022 TERKESAN DISEMBUNYIKAN, WARGA TUNTUT TRANSPARANSI

    7/29/2022   No comments

 

 


SUMENEP -- Sebagai bentuk protes, sejumlah warga Desa Badur, Kecamatan Batuputih, Kabupaten Sumenep mempertanyakan keberadaan baliho APBDes Badur Tahun 2022.


Salah satu warga desa Badur inisial K mengatakan, bahwa baliho atau banner APBDes Badur 2022 terkesan ditutupi dan tidak mengindahkan transparansi.


Terbukti, baliho APBDes Badur 2022 tidak dipasang di ruang terbuka. Malah sebaliknya, dipasang di dalam rumah Kades Badur yang kini dijadikan kantor Desa Badur sendiri.


"Ini baliho kan tersembunyi kalau ditaru di dalam. Jadi masyarakat tidak tau informasi APBDes Badur," kata K, Kamis, 28 Juli 2022.


K juga menyampaikan, keterbukaan informasi publik itu penting. Apalagi menyangkut APBDes. Masyarakat bisa tau informasi yang memuat jumlah pendapatan Desa, jumlah belanja, dan kegiatan yang akan dilaksanakan Desa Badur.


"Kalau kayak gini kan namanya tidak etis," tambahnya.


Seharusnya, lanjut K, mestinya baliho APBDes Badur 2022 itu dipampang di depan kantor desa, atau bisa di tempat-tempat yang mudah diakses oleh masyarakat langsung.


"Namun sampai saat ini, baliho APBDes Badur tidak dipasang publik. Bahkan tak keliatan dimana," sesalnya.


Selain itu, ia juga menyayangkan salah satu rincian penganggaran yang terdapat dalam APBDes Badur 2022. Khususnya, anggaran untuk jambanisasi Dusun Perreng (Sutanto) sebesar Rp. 1.000.000.


Ia menduga, anggaran tersebut disinyalir tidak tepat sasaran. Pasalnya, anggaran untuk jambanisasi menimbulkan dilema.


"Yang terpampang di baliho untuk anggaran jambanisasi adalah nama Sutanto. Sedangkan Sutanto ini kan perangkat desa Badur. Masak dia mendapatkan anggaran untuk jambanisasi dusun Perreng?," kata K bertanya-tanya.


Lebih lanjut K memaparkan, jika misal Sutanto ditugaskan sebagai pelaksana kegiatan untuk jambanisasi Dusun Perreng, ini tidak profesional.


"Mestinya yang menjadi pelaksana kegiatan adalah Kasi Pembangunan Desa Badur itu sendiri," tegasnya.


Sementara, hingga berita ini ditayangkan, Kades Badur Atnawi belum merespon terkait hal ini. Saat dikonfirmasi via telepon, pihaknya tidak dapat hubungi. 


REPORTER : TIAH

Pembaca :
{[['']]}
Lanjut
Selanjutnya
Selanjutnya
Berita Lain
Tidak ada komentar:
Write komentar

Ucapan Hari 17 Agustus 2022

© 2008 Kabar-Investigasi.com. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.