Rabu, 20 Juli 2022

DANDIM 0412/LAMPURA MERESMIKAN PEMBUKAAN LAHAN KETAHANAN PANGAN

    7/20/2022   No comments

 



LAMPUNG UTARA -- Mendukung ketahanan pangan,  pihak Kodim 0412 Lampung Utara memanfaatkan lahan tidur  menjadi produktif dengan ditanami jagung di areal 2,5 hektare. Lahan tersebut milik Kodim di jalan Raden Intan, Gang Usaha, Kelurahan Kotaalam,  Kotabumi.                


Dandim 0412/Lampung Utara, Letkol Inf Andi Sultan, Selasa, 19 Juli 2022, mengatakan pihaknya telah memafaatkan lahan seluas 5 hektare yang berada di tiga titik yang masing -masingnya memiliki luas 2,5 hektare di wilayah Koramil Kotabumi dan 0,5 hektare di Abung Barat. Serta lahan lainnya yang belum dimanfaatkan.                       


"Lahan seluas lima hektare yang sebelumnya tidak dimanfatakan secara maksimal, kini kelola ditanami  jagung," ujarnya.                  


Dandim menjelaskan pemanfaatan lahan tidur yang dikini dijadikan lahan produktip tanaman jagung hal itu dilakukan dalam mendukung ketahanan pangan. Serta atas arahan langsung pimpinan (KSAD), Jenderal TNI Dudung Abdurachman melalui Vidio Confrence (Vicon) di lokasi.


Ketika itu pihaknya secara bersamanan melakukan penanaman jagung di lahan seluas 2,5 hekatare milik kodim 0412, Senin, 18 Juli. "Pada saat penanan jagung di lahan 2,5 hektare tersebut dihadiri seluruh unsur Fokorpimda di sana," tegasnya.


Lokasi lahan jagung seluas 2,5 hektare itu untuk mendukung ketahan pangan. Sebab,  dilihat dari struktur tanahnya cukup bagus ditanam jagung sehingga diharapkan hasilnya nanti lebih maksimal. 


"Sementara untuk lahan di dua lokasi lainya, pihaknya akan menentukan jenis tanaman apa yang cocok dan untuk lahan sudah dibersihakan dan disiapkan tinggal ditanami saja," tambahnya.


“Ya awalnya memang lahan ini kurang produktif, kemudian beberapa musim belakangan mulai kita manfaatkan dan ada hasilnya, oleh karena itu saat ini lebih kita maksimalkan lagi dalam pengolahannya sehingga diharapkan bisa menghasilkan panen yang lebih baik," imbuhnya.              


Pihaknya berharap seluruh elemen masyarakat dapat turut serta menyuseskan progaram ketahanan pangan tersebut. Seperti dilakukan sejauh ini, yakni pengelolaan lahan tidur agar dapat dikelolah dengan baik.


"Hal itu perlu adanya dukungan dari semua pihak baik pemerintah daerah,  tokoh masyarakat dan seluruh kelompok tani yang ada di Lampung Utara.  Apabila program ketahanan pangan dengan memanfaatkan lahan tidur untuk ditanami menjadi lahan agar dapat produktif, "pungkasnya. (yoga/can)

Pembaca :
{[['']]}
Lanjut
Selanjutnya
Selanjutnya
Berita Lain
Tidak ada komentar:
Write komentar

Ucapan Hari 17 Agustus 2022

© 2008 Kabar-Investigasi.com. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.