Jumat, 01 Juli 2022

DIDUGA ADA OKNUM-OKNUM DI DIBELAKANG SPBU 64.791.03 YANG MENJUAL PERTALIT MEMAKAI DERIGEN

    7/01/2022   No comments


 

SAMBAS - Jum'at 1 Juli 2022. Terkait pemberitaan Kabar investigasi com pada tanggal 24 juni 2022 tentang salah satu SPBU yang berada di berada di jalan poros sambas pontianak rt 01/rw 01 dusun sutera desa parit baru Kecamatan salatiga Kabupaten Sambas diduga melakukan pelayanan pembelian minyak pertalit memaki derigen.


Hasil dari Media Kabar-Investigasi.Com bersama Tim di lapangan sudah jelas pengisian BBM jenis pertalit terjadi di SPBU tersebut yang menggunakan jerigen, dan itu fakta yang kami temukan di lapangan. Sudah jelas kalau SPBU yang bernomor 64.791.03 telah melakukan pelanggaran dengan kelayani pembelian BBM jenis Pertalit memakai Derigen.


Sementara PT. PERTAMINA memang sudah melarang adanya pembelian bahan bakar minyak (BBM) jenis pertalit. Rangka ini dilakukan untuk menyusul dan di tetapkannya pertalit sebagai bbm khusus penugasan (JBKP) sesuai dg Kepmen ESDM No.37 tahun 2022. 


Peraturan Menteri ESDM Nomor 8 Tahun 2012 bahwa telah diatur larangan dan keselamatan, Peraturan itu menerangkan secara detail tentang konsumen pengguna, SPBU tidak diperbolehkan melayani jerigen.



Budi selaku Kasie Perindagkop Kabupaten Sambas mengatakan, "Surat Rekomendasi itu untuk BBM Jenis Solar, jadi yang untuk BBM Jenis Pertalite belum waktunya rapat. Fokus utamanya BBM Jenis Solar untuk Kemindag arahnya untuk UMKM yang menggunakan BBM Jenis Solar bukan BBM Jenis Pertalite, Ungkapnya


Undang Undang Nomor 22 Tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi, Peraturan Presiden/Perpres Nomor 191 Tahun 2014 tentang Penyedian, Pendistribusian harga jual eceran Bahan Bakar Minyak, Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor : 37.K/HK.02/MEN.M/2022 tentang Jenis Bahan Bakar Minyak (BBM).


Hasil konfirmasi Awak Media kabar-investigasi.com dengan salah satu instansi pemerintah yaitu DINAS DPPKH, Bapak Zulpian selaku kabib pemberdayaan nelayan kecil Mengatakan, Dinas DPPKH mengeluarkan rekomendasi khusus jenis solar untuk nelayan dan nelayan pembudidaya, Itu di diatur Berdasarkan peraturan BPH Migas RI no 27 tahun 2019 tentang Penerbitan surat rekomendasi Perangkat Daerah untuk pembelian jenis bahan bakar minyak tertentu.


Dengan dasar rekomendasi tersebut pemohon atau nelayan dapat membeli di SPBU/SPBN yang di tunjuk dalam rekomendasi tersebut.


"Sudah jelas pengisian BBM jenis pertalit menggunakan jerigen di larang, adapun tentang pengisian solar menggunakan jerigen harus menggunakan surat rekomendasi dari instansi terkait." Terangnya.



Hal yang sama juga di sampaikan oleh salah satu sumber yang kami dapat di SPBU tersebut yang berinisial Rk yang mengatakan bahwa pihak SPBU melayani menggunakan Jerigen khususnya untuk solar sekitar 200 liter untuk nelayan, petani.


"itu pun meraka harus membawa surat rekomendasi tersebut dari instansi masing masing," 


Dalam hal ini, awak media akan segera melaorkan SPBU yang bernomor 64.791.03 yang diduga kuat telah melakukan kecurangan secara langsung. Adapun cara melapor kecurangan SPBU tersebut akan kami tempuh sebagai berikut:

1. Melaporkan melalui saluran telepon di nomor (021) 3815909 / 3815910 / 3815911.

2. Awak Media akan melaporkan melelalui SMS dan WhatsApp di nomor +62811861xxxx.

3. Melalui FAX (021) 3815912 dan email ke pertaminaclean@tipoffs.com.sgs.


REPORTER : SAMSUL HIDAYAT

Pembaca :
{[['']]}
Lanjut
Selanjutnya
Selanjutnya
Berita Lain
Tidak ada komentar:
Write komentar

Ucapan Hari 17 Agustus 2022

© 2008 Kabar-Investigasi.com. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.